ADV2 ADV2 ADV2

Waspada, DBD Intai Bolmong

Share This:

 

dr Sahara Albugis

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Curah hujan yang terus meningkat belakangan, membuat warga harus lebih waspada, terkait dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, saat ini ini diketahui telah ada 1 orang warga yang terndikasi positif mengidap penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegepty tersebut.  “1 orang anak berusia 7 tahun warga Siniyung dari diagnose positif menderita DBD,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Bolmong dr Sahara Albugis.

Saat ini kata Sahara pihaknya sementara melakukan diagnose dan penyelidikan epidemiologi (PE) untuk mencari tahu leih mendalam penyebab anak tersebut bisa menderita DBD. “Kita akan menemui pasien dan menanyakan kalau dia sebelumnya bepergian kemana saja, dan dengan siapa. Ini penting untuk mengetahui sumber penyakit tersebut berasal dari daerah mana,” tambahnya.

Selain itu, Sahara mengatakan pihaknya pun tengah melakukan survey di radius 100 meter dari rumah pasien, untuk mengatahui penyebab penyakit tersebut. “Dari situ baru kita bisa menganalisa mendalam serta menyimpulkan, sebelum mengambil tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), serta melaukan fogging,” tuturnya. (mg2/jun)

Rate this article!
Tags:
author

Author: