Ratusan Sapi di Kotamobagu Akan ‘Dihamili’

Bagikan Artikel Ini:

 

Samsul Lasena

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Program pengembangan di sector pertanakan di Kotamobagu terus dipacu. Hal ini tercermin dari perntataan Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kotamobagu, Samsul lasena SPt, kepada beritatotauan.com, Senin (07/05/2018) siang tadi, seraya mengungkapkan kalau belum lama ini pihaknya telah menerima bantuan alat Inseminasi Buatan (IB)dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, untuk disuntikan ke  ekor indukan sapi produktif di Kotamobagu. H

“Hal tersebut dilakukan sebagain upaya khusus untuk menunjang Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB), dimana untuk Kotamobagu sendiri telah menerima sekitar 100 dosis atau akseptor untuk 100 ekor indukan sapi ditahun 2018 ini,” ungkap Samsul.

Samsul mengatakan kalau akseptor itu diperuntukkan bagi sapi-sapi betina produktif yang hamil tanpa si jantan. “Nah disitu ada upaya perlakuan khusus untuk SIWAB yang mana kami mengupayakan supaya sapi tersebut bisa hamil,” tambahnya.

Tujuannya, masih kata Samsul adalah untuk menambah populasi dan bagaimana supaya Kotamobagu mengenal sapi yang berkualitas bibit-bibit bagus. (febri limbanon)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.