Agustus, Bantuan Rastra Bagi Warga Kurang Mampu Akan Diuangkan

Share This:

 

Saridah Mokoginta

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Sosial (Dinsos), mulai Agustus bulan depan akan mengalihkan bantuan Beras Sejahtra (Rastra) menjadi non tunai atau diuangkan, untuk disalurkan ke masyarakat miskin. Sebab, bantuan rastra tersebut yang awalnya berbentuk beras kini dialihkan ke dalam bentuk uang, agar lebih mempermudah bagi penerima manfaat.

“Dalam istilah lain Bantuan Sosial (Bansos) yang namanya diubah lagi menjadi rastra, kemudian yang saat ini beralih menjadi Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ). Nah, cara membagikannya sebagai contoh ketika rastra yang akan diberikan sebanyak 10 kilogram, maka kalau diuangkan setiap kepala keluarga mendapat Rp 110.000,” paparnya, rabu (11/07/2018).

Proses penyaluran rastra yang diungkan tersebut, dikatakan Saridah akan diberikan pada bulan depan. “Namun prorgram peralihan rastra dalam bentuk uang baru berlakukan di Kotamobagu dan Bolmong,” tuturnya.

Dia melanjutkan, pihaknya akan bekerjasama dengan bank BNI guna untuk dibuatkan kartu kredit bagi penerima manfaat, agar lebih mempermudah untuk pencairan dana tersebut. “Saat ini data yang kami kantongi jumlah penerima manfaat di Kotamobagu  sebanyak 5.510 kepala keluarga, tetapi untuk masyarakat yang akan menerima bansos di bulan ini masih dalam bentuk barang, nanti bulan depan baru akan diuangkan,” tuturnya. (febri limbanon)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.