ADV2 ADV2

DPRD Bolmut Apresiasi Fasilitasi Pelatihan Pengurus BUMDEs

Bagikan Artikel Ini:

 

Sri Anita Potabuga, SE

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolang Mongondow Utara (Bolmut), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmut telah memfasilitasi pelatihan peningkatan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala DPMD Bolmut, Fadli Tadjudin Usup, SE.,MM saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan pelatihan peningkatan pengurus BUMDes ini,Pihaknya hanya memfasilitasi program kerja dari pada Tenaga Ahli (TA) Pendamping Dana Desa yang ada disetiap kecamatan.”kami hanya memfasilitasi program kerja dari Tenaga Ahli,”kata Dia.

Menurutnya, dari pantauan DPMD sudah lima kecamatan yang terdiri dari Sangkub, Bintauna, Bolangitang Timur, Bolangitang Barat, Dan Pinogaluman yang telah melakukan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus BUMdes. “Jadi, tinggal satu kecamatan yang belum melakukan pelatihan yakni Kaidipang karena masih menunggu kesiapan dari para pengurus untuk pelaksanaan kegiatan tersebut,” katanya.

Ditambahkannya, bahwa pelatihan pengurus BUMDes ini hanya bersifat swadaya karena merupakan kerjasama dari DPMD Bolmut Dan Tenaga Ahli Pendamping Dana Desa Kecamatan Kaidipang. “Kegiatan ini sangatlah penting karena untuk proses kemajuan BUMDes itu sendiri,” tambah Fadli Usup.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Bolmut Sri Anita Potabuga saat dimintai tanggapannya mengatakan sangat mendukung kegiatan tersebut sebab, dapat membantu menambah wawasan cara berfikir para pengurus BUMDes dalam hal, mengembangkan berbagai macam usaha yang telah diprogramkan,”kata Anita Potabuga Politisi Golkar Bolmut tersebut.

Dia berharap dan mengingatkan kepada DPMD Bolmut Dan Tenaga Ahli Kecamatan Pendamping Dana Desa untuk dapat mengawasi dan mengevaluasi perkembangan BUMdes yang ada di Bolmut ini,”mulai dari tata cara pengelolaan administrasi, manajemen keuangan,serta sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola untuk kemajuan BUMDes tersebut,” kuncinya (i-one)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.