ADV2 ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Gandeng DLH dan Dinkes, Desa Bilalang II Gelar Sosialisasi Kesehatan Lingkungan

Share This:

 

Sangadi Bilalang II saat memberikan sambutan dalam sosialiasi yang digelar

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa (Pemdes) Bilalang II, Kecamatan Kotamobagu Utara, melaksanakan program sosialisasi tentang kesehatan lingkungan yang menggandeng narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu.

Dalam kegiatan tersebut Camat Kotamobagu Utara, Ariono Potabuga, memberikan sambutan sekaligus membuka prosesi sosialisasi tersebut. Ia menyampaikan bahwa berkenaan hal ini Kotamobagu saat ini telah mempertahankan anugerah penghargaan dari pusat yaitu Adipura, maka menyangkut perubahan lingkungan berawal dengan hidup bersih dari diri sendiri dan internal keluarga. “Karena berawal dari pendidikan para ibu di lingkungan rumah, membimbing, mendidik dan mengajarkan anak-anak hingga ke gerbang keberhasilan tentunya berawal dari pendidikan lingkungan yang bersih,” ujar Ariono Selasa (31/07/2018).

Sementara, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melalui

Suasana sosialisasi kesehatan lingkungan oleh Pemerintah Desa Bilalang II

Kepala Seksi (Kasie) Kebersihan Lingkungan, Toto Susanto, menyampaikan yang senada dengan Camat, menurutnya kebersihan lingkungan dimulai dari dalam rumah tangga itu sendiri.  “Saya berharap Desa Bilalang I dan II sebagai contoh pengelolaan sampah di Kotamobagu, maka hari ini saya kasih pencerahan kepada ibu-ibu cara mengelola sampah yang bisa menghasilkan uang,” kata Toto.

Dengan begitu sampah yang akan dibuang semua bisa dikelola menjadi uang jika tahu cara mengelolanya. Sambungnya, karena Kotamobagu memiliki bank sampah induk, dan disitu sampai saat ini masih menerima jenis sampah yang akan dimasukkan ke bank sampah tersebut serta disitu pun sampah akan dikelola. “Ada tiga jenis sampah yakni sampah organik, seperti sisa makanan dan daun-daunan, ke dua sampah non organik, seperti plastik dan kain baju dan lain sebagainnya, yang ke tiga sampah beracun, seperti jarum suntik, botol anti nyamuk dan lain sebagainya,” terang dia.

Sementara itu, Sangadi Bilalang II Rismawati Goni mengatakan Sosialisasi yang digelar itu, merupakan salah satu upaya, untuk terus menggalakkan kehidupan bersih di tengah-tengah masyarakat. “Kedepan kita berharap kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan,” tambahnya. (febri limbanon)

author

Author: