ADV2 ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Ini Pesan Bupati Bolsel Saat Melantik Lima Sangadi Terpilih di Kecamatan Helumo

Share This:

 

Sambutan Bupati Bolsel saat di acara pelantikan 5 Sangadi Kecamatan Helumo

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL –  Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Hi. Herson Mayulu (H2M) Selasa (24/07/2018), kemarin melantik 5 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kecamatan Helumo. Bupati Hi.Herson Mayulu (H2M), Usai melantik para kades mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Dirinya mengucapkan selamat dan sukses kepada Sangadi-sangadi yang di lantik semoga niat dan perjuangan akan dapat mewujudkan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang Religius, Berbudaya, Bermartabat, Maju dan Sejahtera diridhoi Allah SWT,” ujar Herson.

Dalam kesempatan itu, Herson pun berpesan kepada para sangadi, Sebagai pimpinan dari masyarakat, dalam melaksanakan tugas dan program pembangunan, harus berorientasi pada pengabdian, “Karena selama ini masih ada sangadi yang tidak mengerti bahwa dirinya dipilih oleh Masyarakat. Sehingg kepentingam masyarakat banyak yang tidak terlayani dengan baik dan maksimal,” tuturnya.

Bupati 2 Periode ini pun mengatakan Sangadi merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Untuknya, Sangadi dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat. “Dalam pengelolaan pembangunan di desa ,Sangadi harus  berorientasi pada hasil yang maksimal sesuai dengan rencana dan ketentuan yang telah ditetapkan. Dengan berorientasi pada hasil yang maksimal, maka kalian (Sangadi) tidak akan berfikir untuk mencari keuntungan dalam setiap pelaksanaan program pembangunan,” paparnya.

Dalam setiap melaksanakan tugas dan program pembangunan, Herson menegaskan kalau Sangadi  harus berorientasi pada hukum dan aturan yang telah ditentukan. “Ketika dalam melaksanakan program pembangunan yang berasal dari pemerintah seperti PNPM, Raskin, ADD, Bantuan Keuangan, Bantuan Rumah Kumuh dan lain-lain. Diperlukan adanya perencanaan yang matang dengan melibatkan semua unsur masyarakat seperti BPD, LPM, RW, RT, dan Komponen masyarakat lainnya. Keterlibatan masyarakat ini sangat diperoleh untuk memperoleh dukungan dalam pelaksanaanya sehingga beban kalian (Sangadi) sebagai penanggung jawab pembangunan di desa menjadi lebih ringan,” tuturnya.

Masih menurut Hersin, Sebagai Sangadi mempunyai kewenangan untuk mengatur kehiduoan masyarakat yang di tuangkan dalam peraturan desa. Bangun Bumdes yang inovatif demi meningkatnya pendapatan asli desa. “Kepada Sangadi yang terpilih saya minta untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua masyarakat sudah menjadi tanggung jawab kalian (sangadi). Sebagai seorang pemimpin hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakat serta melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada,” kuncinya. (hamka taamole)

author

Author: