Mongkonai Barat Simpan Potensi Produksi Nenas Terbesar di Kotamobagu

Bagikan Artikel Ini:

 

Hasil buah Nenas dari petani di Kelurahan Mongkonai Barat

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Patut dibanggakan oleh para petani nenas di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat, karena saat ini Pemerintah Kotamobagu telah membuat program kesejahteraan petani nenas di Kotamobagu. Pemkot sendiri diketahui telah membuat Memorandum Off Understanding (MOU) dengan Bank Indonesia (BI) untuk pengembangan produksi nenas dan tentunya demi kesejahteraan para petani nenas.

“Namun tidak semua lokasi lahan di Kotamobagu yang bisa memproduksi nenas yang unggul, karena semua itu akan ditinjau dari posisi lahan harus di ketinggian dan iklim yang cocok. Nah, di Mongkonai saat ini lokasinya yang sesuai dengan tinjauan itu dan memang selama ini lokasi tersebut dari dulu selalu memproduksi nenas terbanyak,” kata salah satu petani nenas, Mustofa Paputungan, sabtu (21/07/2018 ).

Dengan produksi nenas yang cukup besar di wilayah tersebut sehingga dilihat oleh Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, dan dibuatkan kesepakatan kerja sama dengan pihak bank BI. “Ini merupakan kabar gembira bagi kami selaku petani nenas yang selama ini bertani sering mengalami keresahan. Sebab, untung dan rugi hasil panen menjadi perhitungan bagi kami, karena resiko semua itu kami sendiri yang menanggungnya sementara hasil pruduksinya untuk keperluan semua orang,” tuturnya. (febri limbanon)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.