ADV2 ADV2

Wilayah Kotamobagu Berpotensi Jadi Pusat Produksi Ikan Patin

Share This:

 

Budidaya ikan patin jadi salah satu potensi di wilayah Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Ikan patin saat ini sedang populer di Kotamobagu, dengan demikian Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu berencana memusatkan sentra produksi ikan patin khususnya di Kotamobagu.

Berkembangnga ikan tersebut di Kotamobagu bisa menjadikan peningkatan ekonomi para peternak jenis patin, dibuktikan dengan adanya dorongan dan kontribusi Pemerintah melalui Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) belum lama ini telah menyalurkan 44 ribu bibit ikan patin kepada 11 kelompok budidaya ikan di Kotamobagu. “Sebanyak 44 ribu kepada 11 kelompok sudah disalurkan oleh Dinas, setiap kelompok mendapatkan 4 ribu bibit,” kata Kadis Dispertanak Kotamobagu, Muljadi Surotenojo, jumat (24/08/2018).

Jenis ikan tersebut kata Muljadi, meskipun baru berkembang di Kotamobagu namun mulai banyak diminati para peternak ikan, karena sebelumnya jenis ikan nila yang umumnya dipelihara oleh masyarakat. “Kalau bibit ikan patin itu dipesan dari daerah Sukabumi sebab ikan itu harus hidup di air yang umum agar berkembang dengan cepat, kalau di daerah kita ikan tersebut harus disuntik agar bisa hidup dengan baik, dan ikan ini mesti di budidayakan di Kotamobagu karena rasanya yang enak seperti ikan mas,” ujarnya.

Karena itu ia pun berharap agar masyarakat di Kotamobagu khususnya para peternak ikan agar membudidayakan ikan patin karena dengan rasanya yang enak bisa menjadi laris dipasaran. Selain itu, “kalau ikan itu mulai kejar para konsumen maka itu tanda kesejahteraan para kelompok peternak juga, dan tentunya bisa menunjang serta menambah peningkatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (febri limbanon)

author

Author: