ADV2 ADV2 ADV2 ADV2

Bursa Inovasi Desa Dapat Tanggapan Positif Dari DPRD Bolmut

Share This:

 

Aktrida Datunsolang

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar rapat persiapan untuk penyelenggaraan bursa inovasi desa yang rencananya diikuti sejumlah desa di daerah itu.“Hari ini kami rapat denganTim Inovasi Kabupaten (TIK), Tim Program Inovasi Desa (TPID) se Kabupaten Bolmut, Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Bolmut  perwakilan kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan sejumlah tokoh masyarakat untuk mempersiapkan bursa inovasi desa,” kata Kepala DPMD Bolmut Fadly Tadjudin Usup.
Kegiatan bursa inovasi yang akan digelar pada 15 September 2018 akan menampilkan puluhan inovasi terbaik dari sejumlah desa di Kabupaten Bolmut.“Tempatnya di Aula Kantor Camat, Kecamatan Pinogaluman, Inovasi yang ditampilkan bisa berupa inovasi fisik, pelayanan dan administrasi pemerintahan desa,” kata Fadly.Ia menjelaskan,
Bursa inovasi desa merupakan program nasional untuk mendorong desa di setiap daerah agar dapat menduplikasi inovasi terbaik dari desa-desa di Indonesia khususnya di daerah ini.“Diharapkan dalam bursa inovasi yang kami tampilkan, desa-desa di Bolmut dapat mereplikasi inovasi tersebut dengan menyesuaikan kondisi desa masing-masing, serta berkomitmen untuk menerapkannya dalam program pembangunan desa,” ujarnya.
Fadly mencontohkan sejumlah inovasi yang dinilai cocok untuk diterapkan di Bolmut seperti penyediaan air bersih, pembinaan posyandu, pengelolaan sampah, dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).“Nanti setiap desa akan mengisi dua kartu, yakni kartu komitmen dan kartu ide. Kartu komitmen diisi dengan inovasi yang kami tampilkan, artinya desa berkomitmen untuk menerapkan inovasi itu. Sedangkan kartu ide adalah kartu untuk mengisi inovasi baru yang muncul dari setiap desa”, Jelasnya.
Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Atkrida Datunsolang mengatakan bahwa sangat mengapresiasi akan dilaksanakannya kegiatan inovasi desa yang dilakukan oleh DPMD Bolmut. “Program bursa inovasi desa ini perlu dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya oleh 106 Desa sehingga setiap desa bisa menampilkan berbagai macam potensi dan hasil karya inovatif dan kreativitas tentang perkembangan dan kemajuan desa itu sendiri,” kunci Atkrida Datunsolang Politisi PKS Bolmut itu. (i-one)

author

Author: