ADV2 ADV2 ADV2

Sentuh Angka 5,09 Persen, Kemiskinan di Kotamobagu Terus Berkurang

Share This:

 

Sofyan Mokoginta

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Berdasarkan data yang bersumber dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Badan Perencanaan Penilitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), Kota Kotamobagu setiap tahunnya mengalami penurunan angka kemiskinan. Tercatat mulai tahun 2016 sampai 2017 perbandingannya turun secara signifikan.
Menurut Kepala Bappelitbangda, Sofyan Mokoginta, pihaknya telah mengantongi data jumlah penduduk miskin di Kotamobagu sejak 2016 hingga 2017 tahun lalu. “Saya berharap setiap tahun penduduk miskin di Kota ini akan berkurang, di buktikan dengan jumlah penduduk miskin tahun 2016 berada di angka 5,58 persen kalau 2017 turun 5,09 persen,” ujar Sofyan, Selasa (04/09/2018).
Ini berarti kata Sofyan jika dilihat dari presentasenya ada kemungkinan setiap tahun Kotamobagu jumlah penduduk miskin berkurang.
Sambungnya, faktor kemiskinan disebabkan oleh ekonomi namun ketika menurun atau naiknya jumlah kemiskinan itu juga sangat tergantung sistem yang ada di suatu daerah, “contohnya, indikasi penurunan angka kemiskinan di Kotamobagu itu karena suksesnya program pemerintah menerapkan pengentasan kemiskinan, karena didukung dengan adanya program antaralain, pemberian bantuan sosial dan kemanusiaan oleh dinas terkait dan program lainnya,” ujarnya.
Ia menambahkan berkurangnya jumlah penduduk miskin itu tanda bahwa program Pemkot sangat menyentuh langsung ke Masyarakat. Dan hal ini yang membuat Kotamobagu menempati urutan ke dua setelah Kota Manado, imbunya. (febri limbanon)

author

Author: