Orang Tua di Kotamobagu Bisa Kontrol Keberadaan Anak di Sekolah Lewat Aplikasi

Share This:

 

Pemaparan Perencanaan Pembuatan Aplikasi EduPatrol oleh PT BNI bekerja sama dengan tim T Diskominfo Kotamobagu

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Terobosan demi terobosan dalam hal Internet Teknology (IT) guna menjadikan Kotamobagu sebagai wilayah ‘Smart city’ terus dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. Terbukti dalam waktu dekat, para orang tua di Kotamobagu akan bisa mengontrol keberadaan anak mereka di sekolah hanya dengan menekan salah satu aplikasi yang akan dibuat oleh Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kotamobagu. Adapun nama aplikasi tersebut adalah EduPatrol, atau Education Parental Control.

“Nantinya lewat aplikasi ini, orang tua akan bisa mengontrol perkembangan dan keberadaan anak mereka di sekolah, baik itu di jam masuk sekolah, jam pulang sekolah, maupun setiap mata pelajaraan yang diikuti oleh siswa, serta hasil ujian anak mereka di sekolah,” ujar Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara kepada sejumlah awak media,

Tatong mengatakan, Pemkot Kotamobagu berencana meluncurkan aplikasi EduPatrol tersebut pada tahun 2019 mendatang, dengan menggandeng pihak BNI untuk bekerja sama. “Untuk mengontrol para siswa ini, mereka nantinya akan menggunakan ‘Smart Card’ sebagai akses untuk memasuki gerbang sekolah, serta ruang kelas belajar. Sebagai langkah awal aplikasi ini akan diterapkan di SDN 2 Kotamobagu dan SMP Negeri 4 Kotamobagu,” tambahnya.

Tidak hanya itu, aplikasi EduPatrol tersebut juga nantinya akan digunakan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga akan memudahkan para pimpinan untuk mengontrol kerja-kerja aparat pemerintahan di daerah itu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Data Center Kotamobagu Rudy Yuanto Uno mengatakan kalau pihaknya akan segera melakukan survey ke sekolah dan OPD,  untuk meghitung kebutuhan sert daftar infrastruktur guna membuat dan mengoperasikan aplikasi itu. “Aplikasi ini nantinya akan disediakan oleh pihak PT BNI Persero Cabang Kotamobagu, dan pengelolaannya akan dilakukan oleh tim IT Diskominfo,” imbuh Rudy. (mg1/jun)

author

Author: