Hadirkan 6 Pemateri, Pemerintah Desa Pontodon Gelar Sosialisasi Ketahanan Masyarakat Desa

Bagikan Artikel Ini:

 

Sosialisasi Ketahahan Masyarakat Desa yang digelar Pemerintah Desa Pontodon kemarin

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Persoalan Ketahanan Masyarakat Desa di wilayah Pontodon, ternyata mendapatkan perhatian yang cukup serius dari pemerintah desa setempat. Selasa (11/12/2018) kemarin, Pemerintah Desa Pontodon menghadirkan seluruh aparat yang ada di wilayahnya, guna mengikuti sosialisasi terkait dengan hal tersebut diatas. Sangadi (kepala desa.red) Desa Pontodon Samuel Pasambuna mengatakan kalau sosialiasi tentang Ketahanana Masyarakat Desa tersebut cukup penting. “Ini penting untuk diketahui. Sebab bicara ketahanan masyarakat bukan selalu diidentikkan dengan persoalan keamanan dan ketertiban saja. Lebih dari itu makna ketahanan masyarakat itu begitu luas,” ujar Samuel.

Samuel mengatakan, untuk memaksimalkan sosialisasi tersebut, pihaknya mendatangkan sekitar 6 orang pemateri yang akan berbagi pengetahuan tentang ketahanan masyarakat itu sendiri. “Dari unsur Satpol-PP nantinya akan berbicara tentang keamanan dan ketertiban, sementara kita juga akan membedah soal bela negara yang merupakan bagian dari ketahanan masyarakat desa. Ada juga Sekretaris Kesbangpol Kotamobagu yang akan memberikan penjelasan terkait dengan faktor politik dan pemerintahan yang

Penjelasan dari Dinas Ketahanan Pangan dalam sosialisasi Ketahanan Masyarakat Desa yang digelar Pemerintah Desa Pontodon

berkaitan dengan sosialisasi kali ini,” jelas Samuel.

Selain itu, Samuel mengatakan pihaknya pun mendatangkan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotamobagu serta unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang nantinya akan ikut memberikan pengetahuan terkait hal diatas. “Ketahanan masyarakat desa, masuk didalamnya adalah ketahanan pangan. Lain dari itu, persoalan keberlangsungan adat dan budaya juga penting dan menjadi bagian dari sosialisasi kali ini,” tuturnya.

Untuknya, Samuel berharap para aparat desa bisa mengikuti dengan sekasama seluruh pemaparan dari pemateri yang akan dihadirkan mereka dalam sosialisasi tersebut. “Nanti usai sosialiasi ini kami berharap apa yang didapat oleh aparat desa bisa disosialisasikan juga ke masyarakat, agar wilayah kita lebih baik lagi kedepan.

Diketahui para pemateri yang dihadirkan oleh Pemerintah Desa Pontodon dalam sosialisasi tersebut adalah, Sekretaris Kesbangpol Kotamobagu Hendra Makalalag, Kabid Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Togap Simanjuntak, Hairul Mamonto selau Kabid Kewaspadaan Dini Kesbangpol, unsur BPD Desa Pontodon, Kabid Trantibum Satpol-PP Kotamobagu, Bambang Dachlan, dan Hartono Paputungan, Kepala Bidang ketersediaan Pangan DKP Kotamobagu. (mg1/jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.