Persoalan Administrasi Ikut Mempengaruhi Penilaian Akreditasi Puskesmas

Share This:

 

Ketua Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Putut Harijanto saat memberikan sambutan dalam pertemuan bersama Bupati Bolmong tadi malam

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Bukan hanya persoalan pelayanan kesehatan yang akan dinilai, tapi sejumlah hal-hal yang bersifat administratif ternyata ikut mempengaruhi proses penilaian akreditasi terhadap Puskesmas yang ada di Bolaang Mongondow. Hal tersebut terungkap dari penuturan Ketua Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas di Bolaang Mongondow yang berasal dari Kementerian Kesehatan RI, Putut Harijanto SKM, M.Kes, saat memberikan sambutan dalam pertemuan bersama dengan Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, Kamis (06/12/2018) tadi malam.

“Kekurangan dari segi administrasi, dimana terdapat banyak Surat Keputusan (SK) yang tidak ditandatangani, tidak diberi tanggal atau tidak di bubuhi stempel (tidak di cap), hal ini kelihatannya sepele tetapi jika dilihat dari keabsahannya (legalitasnya) maka hal ini menjadi kekurangan tersendiri dan mempengaruhi hasil akreditasi nanti,” ungkap Putut.

Meski demikian, Putut mengatakan kalau pihaknya akan mencoba memenuhi harapan Bupati Bolmong, yang meminta kepada tim surveyor untuk ikut membantu para kepala puskesmas dan peetugas medis lain yang ada di Bolmong, dalam proses pelayanan dan pembangunan kesehatan serta administrasi kesehatan. “Prinsipnya kita sangat mengapresiasi kepada Bupati bolaang Mongondow yang sangat peduli dan perhatian terhadap pembangunan kesehatan. Insya Allah Tim Surveyor akan memenuhi apa yang menjadi harapan Bupati Bolaang Mongondow, karena salah satu kewajiban Tim Surveyor adalah harus bisa memberikan bimbingan dan nasehat kepada para kepala puskesmas dalam meningkatkan mutu dan kinerjanya, karena tugas kita disini bukan hanya menilai yang kurang tetapi harus memberikan solusi terhadap kekurangan-kekurangan yang ada, termasuk kelengkapan administrasi dan regulasi yang ada,” jelasnya.

Diakhir sambutan, Putut Harijanto mewakili seluruh tim surveyor akreditasi yang berjumlah 9 orang, menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan dan fasilitas yang telah dan akan diberikan kepada Tim Surveyor, “Kami berharap hasil dari akreditasi 3 Puskesmas nanti bukan hanya predikat tingkat madya, tetapi memperoleh predikat yang paripurna,” tandasnya. (mg2/jun)

author

Author: