Susun RKPDes, Aparat Desa Pontodon Dibekali Oleh Dinas PMD

Share This:

 

Kepala Dinas PMD Kotamobagu saat memberikan materi penyusunan RKPDes dihadapan aparat desa Pontodon

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Penguatan kapasitas aparat desa terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Pontodon. Setelah sebelumnya menggelar sosialisasi terkait dengan pengelolaan keuangan desa, Selasa (04/12/2018) pagi tadi pemerintah desa dibawah kepemimpinan Samuel Pasambuna tersebut kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes). Tidak main main, sebab dalam Bimtek tersebut Pemerintah Desa Pontodon menghadirkan langsung sejumlah pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. “Kepala Dinas PMD, Kepala Bidang dan salah satu kepala seksi kita hadirkan sebagai pemateri dalam Bimtek ini. Selain itu, Camat Kotamobagu Utara juga kita undang untuk memberikan materi terkait dengan program penyusunan RKPDes tersebut,” ujar Sangadi (kepala desa.red) Pontodon Samuel Pasambuana kepada beritatotabuan.com, kemarin pagi.

Pelatihan terhadap aparat desa yang digelar Pemerintah Desa Pontodon terkait dengan penyusunan RKPDes

Samuel mengatakan Bimtek tersebut bertujuan agar seluruh aparat yang ada di desa yang dipimpinnya benar-benar mengetahui dan paham akan proses penyusunan RKPDes tersebut. “RKPDes ini adalah salah satu tolak ukur berhasil dan tidaknya roda pemerintahan di desa. Dimana, lewat RKPDes ini seluruh rumusan terkait dengan program-program akan dibahas untuk kemudian dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kotamobagu Tedy Makalalag dalam pemaparan materinya mengatakan kalau Dana Desa (Dandes) yang dikucurkan pemerintah kedepan harus lebih memfokuskan terkait dengan pemberdayaan masyarakat. “Selain pembangunan fisik, Dandes juga harus difokuskan untuk kegiatan pemberdayaan. Itulah pentingnya penyusunan RKPDes, agar seluruh program bisa terencana dan dapat diukur sasarannya, serta dievaluasi,” ucap Tedy. (mg1/jun)

author

Author: