ADV2 ADV2 ADV2

Dewan Pers Dihadirkan Dalam Kasus Pemred KlikBMR.com

Share This:

 

Biro Hukum Dewan Pers Republik Indonesia, Christiana Chelsie SH, LLM saat hadir sebagai saksi ahli di persidangan kemarin

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Biro hukum Dewan Pers Republik Indonesia Christiana Chelsie Chan SH, LL.M, Kamis (10/01/2019) mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu. Kedatangan Chelsie sendiri dalam rangka mengikuti proses persidangan atas kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Pemimpin Redaksi KlikBMR.com, terhadap salah satu anggota DPRD Kotamobagu Muliadi Paputungan SAP.

Chelsie sendiri hadir dalam kapasistasnya sebagai saksi ahli, untuk kasus dugaan pencemaran nama baik lewat produk pemberitaan yang didiga kuat diposting dan disebarkan oleh Pemimpin Redaksi KlikBMR.com,

Dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Dewantoro SH, MH bersama dua anggotanya masing-masing Noula Pangemanan SH, MHm dan Bernadus Papendang SH tersebut, Chelsie menjelaskan kalau pemberitaan yang akhirnya dijadikan barang bukti atas dugaan pencemaran nama baik terhadap Muliadi Paputungan tersebut tidak ada urgensi terkait dalam hal kepentingan kecepatan berita yang harus ditayangkan. “Berita yang diposting tersebut tidak lewat wawancara terhadap pihak pemillik foto (Muliadi Paputunga.red), dan hanya diambil di beranda atau Plattform media sosial facebook,” ujar Chelsie.

Dirinya mengatakan seluruh keterangan yang diberikannya dihadapan majelis hakim, sesuai dengan keterangan saksi ahli Dewan Pers yang telah dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di penyidik Polda Sulut beberapa waktu lalu.

Sidang yang digelar selama sekitar 2 jam tersebut, rencananya akan kembali dilanjutkan kembali pada tanggal 16 Januari 2019 mendatang. Meski demikian, pihak JPU dari Kejaksaan Negeri Kotamobagu, mengatakan kalau mereka akan berkordinasi terlebih dahulu ke Kejati Sulut. “Kasus ini merupakan perkara dari Kejati Sulut, dan tentunya untuk penyusunan tuntutan dari Kejati Sulut dan diturunkan ke Kejari Kotamobagu. Namun menurut saya unsur hukumnya sudah terpenuhi sesuai dakwaan dari Kejati Sulut,” ujar Zulkarnain Mustaka SH, selaku JPU. (mg1)

author

Author: