ADV2 ADV2 ADV2

Diskominfo Bolmong Anggarkan Rp13 Miliar Untuk Bangun Tower Hingga Fiber Optik

Share This:

 

Kepala Dinas Kominfo Bolmong, Parman Ginano

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Perhatian Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow terkait dengan teknologi informasi rupanya cukup besar. Terbukti, tahun ini Dinas Komunikasi dan informasi (Diskominfo) Kabupaten Bolmong diketahui telah menyediakan anggaran sekitar Rp13 miliar, untuk membangun infrastruktur penyedia layanan teknologi yang nantinya akan dipakai oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di pemerintah itu. “Tahun ini Dinas Komunikasi dan Informatika menganggarkan lebih dari 13 milyar rupiah yang akan digunakan untuk membangun tower agar dapat menjangkau Dinas dan Badan yang berada di luar kompleks Kantor Bupati termasuk sampai pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang dengan memakai system radio yang menggunakan antenna setinggi 40 meter,” ujar Kepala Dinas Kominfo Bolmong, Parman Ginano, Jumat (11/01/2019) akhir pekan lalu.

Ditambahkan olehnya. untuk perkantoran di kompleks kantor Bupati akan menggunakan fiber optik, dimana pemasangan fiber optik tersebut direncanakana akan dilakukan pada triwulan II kedepan, dengan anggaran Rp3 milyar, “Dengan demikian, ketika sistem telah terbangun, maka setiap perangkat daerah harus ada Access Point (alat penerima) jaringan internet,” tambahnya.

Access Point itu sendiri dikatakan Parman, harus disediakan oleh seluruh SKPD. Dimana untuk saat ini diketaui baru ada beberapa SKPD yang memiliki alat tersebut. “Access Point ini menyangkut belanja modal yang membutuhkan anggaran yang mencapai Rp2 juta,  dimana baru beberapa Perangkat Daerah yang memilikinya, sehingga bagi Perangkat Daerah yang belum punya, biaya ini tidak dianggarkan di Dinas Kominfo. Untuknya, kami meminta kerja sama dari seluruh kepala SKPD yang kantornya belum memiliki Access Point karena dengan adanya alat ini, seluruh perangkat daerah akan memiliki Jaringan Internet,” jelasnya. (jun)

author

Author: