ADV2 ADV2

DPRD Boltim Gelar Paripurna Tutup Buka Masa Sidang

Bagikan Artikel Ini:

 

Pimpinan dan Sekretaris DPRD Boltim foto bersama usai paripurna internal tutup buka masa sidang

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM- DPRD Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Kamis (03/01/2019) menggelar rapat paripurna internal dalam rangka penutupan masa sidang ketiga 2018 dan pembukaan sidang pertama tahun 2019. Paripurna itu sendiri dipimpin Ketua DPRD Boltim Marsaoleh Mamonto dan dihadiri 80 persen anggota, dua wakil pimpinan serta jajaran sekretariat DPRD yang dikomandani oleh Sekretaris DPRD Boltim Priyamos SH.
Ketua DPRD Boltim Marsaoleh Mamonto dalam sambutan mengatakan, sebelum menggelar rapat paripurna Badan Musyawarah (Banmus) yang telah menetapkan beberapa program kerja, termasuk hari ini (kemarin) pelaksanaan rapat paripurna penutupan sidang ketiga 2018 dan pembukaan sidang pertama 2019. “Yang di dalamnya terdiri pembacaan surat dan penandatanganan surat keputusan DPRD,” kata Marsaoleh.
Kata dia, sesuai keputusan DPRD Boltim nomor 11 tahun 2018 atas perubahan nomor 10 tahun 2017
tentang penetapan program pembentukan peraturan daerah (Perda), terdapat 23 Rancanangan Peraturan Daerah (Ranperda). Masing-masing 17 Ranperda usulan eksekutif dan 6 inisiatif DPRD. “Dan masa persidangan laku kita tutup dengan mengesahkan 7 Ranperda yang terdiri dari 4 usulan eksekutif dan 3 inisiatif DPRD. Itu merupakan capaian sangat memuaskan,” ujarnya.
Dijelaskannya, berdasarkan undang-undang nomor 17 tahun 2015, DPRD diharuskan mengingatkan agar eksekutif segera menyerahkan bahan tertulis mengenai jenis belanja dan kegiatan  tertuang dalam APBD 2019, sebelum pelaksanaan dimulai. “Bahan tersebut yang meyakini DPRD kalau pemerintah daerah telah menerjemahkan besaran dan jenis belanja dan kegiatan menjadi prioritas untuk dilaksanakan. Itu juga penting dalam konteks pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD terhadap kebijakan pemerintah,” jelas Mamonto.
Selain itu, diterangkannya,  badan pembentukan Perda segera melakukan pembahasan prioritas program pembentukan Perda tahun 2019 yang terdiri dari 12 usulan Ranperda eksekutif. “Sehingga saya mengharapakan kinerja DPRD di 2019 lebih ditingkatkan,” terangnya.(mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.