ADV2 ADV2 ADV2

Jual Bawang, Warga Gogagoman Ini Bisa Untung Rp2 Juta Setiap pekan

Share This:

 

Eman Hasan penjual bawang di Kelurahan Gogagoman

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Saat ini peluang bisnis penjualan bawang merah dan bawang putih rupanya cukup menguntungkan. Harga jual bawang merah-bawang putih memamg cukup stabil dibandingkan harga cabai. Sebab, jenis tanaman tersebut bernilai ekonomis yang tinggi dalam kebutuhan dapur rumah tangga, sehingga bisa disebut produk yang tak pernah mati, karena akan dijadikan bumbu masakan termasuk dijadikan bahan dasar membuat menu masakan para pegusaha kuliner. Nah, soal bisnis ini, Eman Hasan, warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, telah menjalani usaha tersebut hingga meraup keuntungan Rp Juta per minggu.

Eman mengaku, keutungan yang dihasilkan per minggu itu dihitung dari setiap stok bawang habis terjual.  “Bawang ini saya beli lagi setiap bahan habis terjual. Bawang merah harga saya jual per karung Rp 1.300.000, per kilo gram Rp 40 ribu, bawang putih per karung Rp 400 ribu, per kilo gram Rp 20 ribu, biasanya setiap minggu habis laku terjual, keutungan dari hasil penjualan Rp 2.000.000 Juta,” ujar Eman, kepada beritatotabuan.com, Jumat (18/01/2019).

Lanjut Eman, selain keutungan, ia juga harus mengeluarkan biaya pembelian bawang merah dan bawang putih sebesar Rp 5.000.000 Juta. “Biaya yang dikeluarkan itu adalah harga pokok bahan, jadi biaya pokok itu yang saya kelolah sehingga mendapatkan keuntungan seperti itu, namun uang lima Juta itu tidak dikurangi karena uang itu yang akan diputar lagi setiap minggu,” tambahnya.

Untuk pasokan bahan ia membelinya kepada petani bawang merah dan bawang putih yang sudah menjadi langganan tetapnya. Namun meski demikian, ia juga tidak menunggu setiap minggunya untuk membeli lagi bahan dagangan, tetapi ketika langganannya sudah mulai panen ia langsung meminta memasok bahan panen ke tempat usahanya, ujarnya. (febri limbanon)

 

author

Author: