Sahara : Fogging Hanya Membunuh Nyamuk Dewasa

Bagikan Artikel Ini:

 

dr Sahara Albugis

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaanng Mongondow dr Sahara Albugis meminta partisipasi dari masyarakat dan aparat yang ada di Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bolmong, terkait dengan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSM) yang saat ini tengah gencar dilakukan oleh instansi tersebut, dalam rangka meminimalisir penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal tersebut dikatakan Sahara kepada beritatotabuan.com, di ruang kerjanya Jumat (18/01/2019) siang tadi.

“Partisipasi aktif dari Sangadi maupun aparat desa serta masyarakat untuk melakukan kerja bakti di wilayah masing-masing, dalam rangka PSM cukup membantu kami. Sebab, bagaimanapun fogging (pengasapan) yang dilakukan Dinkes tujuannya hanya untuk memberantas nyamuk dewasa, sementara untuk jentik-jentik nyamuk yang ada di genangan air itu hanya bisa diberantas dengan keaktifaan masyarakat dalam rangka menggalakkan pola hidup bersih dan sehat,” jelas Sahara.

Sahara mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para aparat desa yang ada di Kabupaten Bolmong. “Jadi biasanya sebelum kita lakukan fogging di lokasi yang teridentifikasi adanya penderita DBD, masyarakat dan aparat desa melakukan kerja bakti terlebih dahulu. Ini penting, sebab dengan demikian jentik nyamuknya sudah dibersihkan terlebih dahulu, baru kemudian difogging untuk memberantas nyamuk dewasa,” tuturnya.

Sahara mengatakan hingga tanggal 16 Januari 2019 lalu, pihaknya telah mengidentifikasi 29 kasus DBD yang ada di wilayah tersebut. Dimana, para penderita itu tersebar di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Bolmong. “Untuk wilayah yang dominan memang belum ada. Tapi sejauh ini kita terus melakukan gerak cepat untuk menangani kasus itu,” tuturnya. (jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.