Bupati Tutup Kegiatan Bimtek Siskeudes Yang Digelar Dinas PMD Bolsel

Share This:

Bupati Bolsel saat membuka Bimtek Siskeudes

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL- h Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru, menutup kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019 melalui Sistem Keuangan Desa (Sikeudes) yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dengan menggunakan aplikasi sistim keuangan desa (Siskeudes) versi 2.0.

Kabid Pemdes Arfan Djafar saat memberikan sambutan dalam pembukaan Bimtek Siskeudes

Bimtek yang di ikuti oleh seluruh 81 kepala desa bersama perangkat desa dan BPD Bolmong Selatan ini telah di gelar di Manado yang terhitung mulai tgl 1 sampai 7 Februari hari ini.

Suasana pelaksanaan Bimtek Siskeudes oleh Dinas PMD Bolsel

Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru, dalam sambutan menyampaikan, bahwa Bimtek tersebut sangat penting dikarenakan siskeudes yang digunakan 2019 ini adalah versi terbaru (Siskeudes 2.0.) Yang juga mengacu pada permendagri 20 tahun 2018 tentang perubahan pengelolaan keuangan desa. Hal ini juga dilakukan untuk mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. “Versi ini dilaunching Kemendagri, untuk memberikan kemudahan dan pengantisipasi ke salahan dalam pengelolaan keuangan desa” ujar Iskandar Kamaru.

Foto bersama Bupati Bolsel bersama sejumlah peserta Bimtek Siskeudes

Masih ditempat yang sama Kepala Bidang Pemerintah Desa Arfan Djafar mengatakan, Bimtek digelar ini agar dalam penyusunan RAPBDes 2019, Pemerintah desa sudah menggunakan aplikasi siskeudes 2.0 untuk kemudian ketika selesai pelaksanaan bimtek tinggal dijadwalkan evaluasi. “Sehingga kedepan kami harap pemerintah desa dalam mengelola keuangan bisa lebih baik dan transparan, serta meminimalisir kesalahan administrasi dalam pengelolaan keuangan desa,” jelas Arfan yang merupakan mantan aktifis Provinsi Gorontalo itu. (hamka taamole)

author

Author: