ADV2 ADV2 ADV2

Puluhan Ribu Ton Beras Sejahtera Segera Disalur di Boltim

Share This:

 

Ilustrasi

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Sekitar 39.420 ton beras sejahtera (Rastra) segera disalurkan Dinas Sosial (Dinsos) Bolaang Mongondow Timur (Boltim).  kepala Dinsos Boltim Rudi S Malah mengatakan, sebelum menyalurkan pihaknya melakukan pengecekan kualitas Rastra di Kantor Badan Urusan Logisltig (Bulog). “Penyaluran Rastra direncanakan pekan ini. Saat ini, kita sementara dalam persiapan. Tahun ini, jumlah rastra untuk capai 39.420 ton per bulan. Sedangkan jumlah warga penerima ada 3942 penerima, dan pendistribusiannya langsung oleh pihak Bulog ke masing-masing desa,” kata Rudi, Rabu (06/02/2019)

Rudi menambahkan, untuk rastra yang bakal dibagikan di ke warga sangat berkualitas. Karena ada dikelas medium. Pembangiannya, tiap Kepala Keluarga (KK) dapat 20 kilogram untuk 3 bulan. “Untuk penerima kita masih menggunakan data 2015, hingga kini belum dievaluasi. Kita rencanakan dievaluasi bulan Maret, setelah penyaluran pekan ini,” tambahnya.

Terkait evaluasi penerima Rastra terbaru, pihaknya bakal mengevaluasi menginggat tahun ini ada peralihan dari rastra ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). “Jadi, nantinya akan memakai kartu. Bantuannya berupa uang sekira Rp 120 ribu per bulan, tetapi dalam bentuk bahan. Ini diberlakukan mulai bulan April mendatang,” tukasnya.

Sementara, pihak dinas menghimbau dalam penyaluran rastra tidak ada uang pungutan dengan alasan apapun. “Ini bantuan pemerintah secara cuma-cuma, atau gratis kepada warga kurang mampu demi kesejahteraan mereka dalam bentuk bantuan rastra. Tidak diperbolehkan pungutan dengan alasan apapun, sekali lagi rastra adalah gratis,” tegasnya. (mg3/mon77)

author

Author: