ADV2 ADV2 ADV2

KPU Bolsel Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Share This:

 

KPU Bolsel Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Suasana simulasi pemungutan dan penghitungan suara pleh KPU Bolsel

BERITATOTABUAN.COM, BOLSEL– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan menggelar simulasi pencoblosan, penmungutan dan perhitungan Suara Pemilu 2019 di lapangan Desa Pinolosian, Kecamatan Pinolosian, Sabtu (23/2019) pagi tadi. Simulasi yang melibatkan warga setempat dan PPK se-Kabupaten Bolmong Selatan tersebut berlangsung lancar dan sukses.
Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Pijay Bumulo mengatakan tujuan digelarnya simulasi adalah untuk mengingatkan masyarakat tentang proses pencoblosan, pengumutan dan perhitungan suara. “Pada simulasi masyarakat pemilih memang diberikan pemahaman tentang penggunaan lima jenis surat suara, berikut suasana nyata prosea pemilihan lengkap dengan perangkat TPS baik petugas KPPS hinggah Linmas,” ujar Jay sapaan akrabnya.
Dia melanjutkan, bahwa simulasi juga bahan evaluasi dan inventarisasi persoalan ril di TPS. “Nantinya hasil dari evaluasi dan inventarisaai persoalan ini akan digunakan sebagai bahan kajian, utamanya guna penguatan kapasitas sumber daya penyenggaraan di seluruh tingkatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” tambahnya
Fijay berharap semoga hasil simulasi tersebut dapat menjadi pelajaran demi lancar dan suksesnya penyelenggaraan pemilu dengan lima kotak suara, yang merupakan pengalaman kali pertama bagi bangsa Indonesia.
Dalam proses pelaksanaan simulasi pencoblosan Ketua Divisi Teknis juga mengingatkan, Pemilih menggunakan alat coblos yang sudah disediakan. Pemilih juga memeriksa surat suara yang sudah ditandatangani Ketua KPPS, dimana tidak dalam kondisi rusak. “Pemilih tidak boleh membawa alat perekam atau handphone ke dalam bilik. Dititikan ke petugas KPPS,” tuturnya.
Hinggah berita ini dinaikan, simulasi pencoblosan masih berlangsung. Setelah itu baru ada simulasi perhitungan surat suara. (hamka taamole)

author

Author: