Perkuat Kebudayaan Lokal, Bupati Bolmut Buka Pagelaran OPK

Bagikan Artikel Ini:

 

Perkuat Kebudayaan Lokal, Bupati Bolmut Buka Pagelaran OPK

Bupati Bolmut foto bersama usai membuka kegiatan Pagelaran Objek Pemajuan Kebudayaan

BERITATOTABUAN.COM, BOLMUT – Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Pagelaran Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) dengan tema “Perkuat Identitas, Bangun Budaya Bolaang Mongondow Utara”, yang bertempat di Lapangan Desa Nunuka Kecamatan Bolangitang Timur, Selasa (26/03/2019) siang tadi.

Dalam sambutannya, Bupati Bolmut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini, yang diharapkan dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang di dalam kehidupan masyarakat saat ini. “Sebagai masyarakat Bolmut patut bersyukur dengan kemajemukan penduduknya, membuat daerah ini menyimpan potensi budaya multi etnis, yang bila mampu dikemas dengan baik akan menjadi aset yang tak ternilai harganya,” ucapnya.

Lebih lanjut, dikatakan upaya ke arah peningkatan kualitas, inovasi dan kreasi seni budaya akan menjadi solusi yang tepat, guna memberikan nilai bagi pengembangan budaya agar tidak kehilangan identitas diri.  “Pagelaran OPK ini merupakan wujud nyata kepedulian masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya dalam memperkuat budaya di daerah,” ujar Depri.

Kebudayaan dikatakan Depri, merupakan aset penting untuk mendukung pembangunan bangsa. “Karenanya, aset-aset kebudayaan yang ada di daerah tidak hanya penting untuk dilestarikan, melainkan harus dikembangkan sebagai bagian dari pembangunan karakter dan mentalitas Bangsa dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan,” tambahnya.

Karena itu, masih kata Depri Pemerintah Daerah memiliki komitmen untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur, sehingga tidak luntur dan sirna oleh pengaruh budaya luar bermuatan negatif yang menyebabkan kita kehilangan jati diri.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan pementasan budaya yang diikuti oleh para siswa/siswi SD, SMP dan MTs. Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, Perwakilan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulut, Perwakilan Cagar Budaya SULUTENGGO, Kepala Pengadilan Agama Bolmut, Pimpinan Perangkat Daerah, para Camat, Sangafdi Tokoh-Tokoh Adat serta masyarakat.(i-one)

Baca Juga : 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.