Administrasi Kependudukan Bisa Tekan Angka Kriminalitas

Bagikan Artikel Ini:

 

Administrasi Kependudukan Bisa Tekan Angka Kriminalitas

Sosialisasi Permendagri nomor 19 tahun 2018 yang dibuka oleh Sekda Bolmong siang tadi

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Tertibnya administrasi kependudukan ternyata bisa ikut menekan angka kriminalitas yang terjadi di daerah, demikian diungkapkan oleh Sekda Kabupaten Bolmong Tahlis Gallang SIP MM, Kamis (11/04/2019) siang tadi.

“Salah satu contoh yakni keberadaan KTP Elektronik bisa memudahkan penegak hokum maupun Disdukcapil, untuk mencari siapa saja yang menggandakan KTP elektronik tersebut, selain itu juga untuk penangkapan teroris, bisa lewat sidik jari yang ada dalam KTP Elektronik tersebut,” ucap Tahlis, pada sosialisasi Peraturan Mendagri nomor 19 tahun 2018 tentang peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan siang tadi.

Dalam kegiatan yang digelar di Gedung Rahmadinas Desa Lolak tersebut, Tahlis juga menekankan soal peran aparat Desa dan Kelurahan, dalam mewujudkan tertibnya administrasi kependudukan tersebut. “Dalam Permendagri nomor 19 tahun 2018 ini juga dijelaskan soal peningkatakan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, dengan pelayanan yang terintegrasi, serta teknis ‘jemput bola’ dari aparat desa dan kelurahan ke warga, guna mendapatkan data kependduukan mereka seperti kartu keluarga, KTP Elekronik, Akta kelahiran, Kartu Identitas Anak, maupun status cerai, dan juga akta kematian,” jelasnya.

Tahlis juga pada kegiatan yang diikuti oleh 15 perwakilan Kecamatan se Kabupaten Bolaang Mongondow tersebut menambahkan, kalau kedepan proses pembuatan data kependudukan akan lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Dalam pembuatan data kependudukan nanti, para aparat desa dan kelurahan harus melakukan scan terlebih dahulu seluruh data kependudukan yang diperlukan, kemudian diantar ke Disdukcapil, dimana hal ini akan kian memudahkan masyarakat dalam pelayanan,” tuturnya. (jun)

Baca Juga : Bupati Ajak Orang Tua Tidak Menuntut Anak Melebihi Batas Kemampuan

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.