Jajanan di Pasar Ramadhan Kotamobagu Bebas Dari Zat Berbahaya

Bagikan Artikel Ini:

 

Pemeriksaan bahan makanan oleh BPOM di Pasar Ramadhan

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Jajanan buka puasa yang dijual di Pasar Ramadhan di Kotamobagu hampir dipastikan bebas dari zat berbahaya, serta aman dikonsumsi.

Hal tersebut menyusul dengan adanya inspeksi mendadak (sidak) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sulawesi Utara, seraya melakukan pemeriksaan di sejumlah titik pasar ramadhan di Kotamobagu. “Ada beberapa sampel makanan dan minuman yang kami ambil, untuk diperiksa, dimana hasilnya tidak ada satupun yang mengandung zat berbahaya, seperti formalin, boraks, ataupun zat pewarna yang dicampur dalam jajanan tersebut,” ujar Selvi Tarena SSi selaku Kepala Seksi Inspeksi BPOM Manado, Rabu (15/05/2019)

Selvi menambahkan, proses sidak dan pemerisaan itu dilakukan mereka secara acak, dimana sejumlah titik pasar ramadhan yang telah didatangi mereka sebelumnya, tidak lagi dilakukan sidak. “Ini untuk memastikan kalau jajanan yang dijual di pasar ramadhan benar-benar aman dikonsumsi untuk warga,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Seksi Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kotamobagu Bambang Mamonto menambahkan, ada empat titik yang menjadi fokus pengambilan sampel, diantaranya, Pasar Ramadhan Kotamobagu, Gogagogam, Mogolaing dan Mongkonai Barat. “Semuanya aman dikonsumsi, sehingga warga tidak perlu khawatir untuk membeli takjil di pasar ramadhan. Meski demikian tetap juga harus hati-hati dan melihat dengan teliti setiap jajanan sebelum dibeli,” imbuh Bambang. (fb)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.