Bupati Bolmong Sebut Pancasila Adalah Anugerah Tuhan Untuk Indonesia

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Bolmong saat membacakan sambutan dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, menegaskan kalau Pancasila sebagai dasar Negara merupakan salah satu anugerah Tuhan Yang Maha Esa, kepada Negara Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Yasti saat membacakan sambutan dari Kepala BPIP, pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (01/06/2019) pagi tadi, di lapangan kantor Bupati Bolaang Mongondow. “Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa, buat bangsa Indonesia,” tegas Yasti.

Sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi, yang harus terus diperjuangkan, kata Bupati masih dalam sambutannya, Pancasila merupakan sebuah landasan idelogis bangsa yang harus terus mengakar di segenap sanubari rakyat Indonesia. “Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat, hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif,” tambahnya.

Masih kata Bupati, berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong‑royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah, dimana hal ini ikut diperkuat dengan keberadaan pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada, dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika. Untuknya, proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila, harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya. (jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.