ADV2 ADV2

Bupati Yasti : Halal Bi Halal Digelar Pertama Kali Oleh Presiden Soekarno

Bagikan Artikel Ini:

 

Bupati Bolang Mongondow saat memberikan sambutan dalam Halal Bi Halal Pemkab Bolmong siang tadi

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, menggungkapkan kalau Halal Bi Halal pertama kali dicetuskan oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama Ir Soekarno.

Hal tersebut dikatakan Yasti dalam sambutannya saat menggelar kegiatan Hal Bi Halal Pemkab Bolmong bersama masyarakat di Pantai Indah Desa Maelang Kecamatan Sang Tombolang Kabupaten Bolmong, Rabu (19/06/2019) siang tadi. “Halal bi halal ini sendiri bukanlah kebiasaan dari bangsa arab. Disana tidak pernah ada kegiatan Halal Bi Halal. Sebab, yang pertama kali mencetuskan kegiatan ini adalah Presiden pertama Ir Soekarno,” ungkap Yasti.

Yasti menambahkan kalau kegiatan Halal bi Halal ini dilakukan Soekarno sebagai langkah untuk menyatukan seluruh masyarakat Indonesia saat itu, pasca kemerdekaan. “Dimulai saat presiden Soekarno saat itu ingin menyatukan seluruh komponen masyarakat yang ada di Indonesia dengan berbagai suku agama ras, sehingga ada kekhwatiran dari bung karno saat itu kalau tidak segera disatukan, maka akan memecah belah bangsa Indonesia dan kemerdekaan hanya slogan saja. Momentum pada saat itu adalah Idul Fitri dan kemudian lahirlah ide dari Bung Karno untuk melaksanakan halal bi halal yang saat ini terus kita peringati setelah Idul Fitri,” jelasnya.

Yasti pun pada kesempatan itu mengatakan kalau kegiatan Halal bi Halal yang terus menjadi budaya masyarakat Indonesia, merupakan hal yang positif dan sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW, dalam memperkuat silaturahmi. “Sehingganya, lewat kegiatan ini kami berharap kita ummat islam bisa terus menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang telah kita raih setelah ibadah puasa dan ibadah lainnya kita lakukan pada bulan Ramadhan yang baru saja kita lewati,” tuturnya. (jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.