ADV2 ADV2

Sekretariat DPRD Boltim Rencanakan Launching Aplikasi Asmara Naton

Bagikan Artikel Ini:

 

Sekwan Boltim bersama pengurus PWI saat menggelar pertemuan

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Terobosan baru dilakukan oleh sekretariat DPRD Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dimana instansi tersebut berencana akan meluncurkan salah satu satu aplikasi untuk mempermudah masyarakat menyampaikan aspirasi mereka tanpa harus mendatangi gedung DPRD.

Sekertaris DPRD (Sekwan) Boltim Priyamos SH MM, mengatakan, aplikasi ini jika sudah rampung, masyarakat bisa Download melalui aplikasi Play Store di Handphone jenis Android. Selanjutnya, masyarakat bisa menyampaikan keluhan atau aspirasi didalam Aplikasi tersebut terkait dengan pembangunan, sosial dan kemasyarakatan. Selain itu, DPRD juga menyiapkan Call Center, agar masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya dengan cara mengakses langsung nomor Handphone yang akan kita siapkan. “Contohnya, ada masalah pembangunan, sosial dan kemasyarakatan di Desa . Masyarakat tidak perlu lagi datang beramai ramai ke gedung DPRD Boltim untuk menyampaikan aspirasi. Namun, cukup melalui aplikasi tersebut atau melalui Call Center, dengan melampirkan alamat jelas, foto Lokasi, KTP, nomor Handphone agar mudah dihubungi serta apa yang menjadi pokok aspirasi ,” kata Pryamos saat menggelar pertemuan dengan pengurus PWI Boltim.

Pryamos yang saat ini tengah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan (PIM) tingkat II menjelaskan, didalam format Aplikasi yang akan diberi nama ‘Asmara Naton’ tersebut, sudah ada beberapa fitur untuk menyampaikan aspirasinya. Dimana, di DPRD Boltim terbagi dalam tiga komisi, sehingga jenis dan keluhan masyarakat yang disampaikan, bisa langsung diakses oleh tiap-tiap komisi di DPRD Boltim, guna ditindak lanjuti. “Aplikasi ini juga, terhubung langsung dengan pak Bupati Boltim, ketua DPRD Boltim dan Anggota DPRD Boltim. Hal  ini dimaksud, agar apa yang menjadi keluhan masyarakat, dapat di ketahui secara langsung untuk segera ditindak lanjuti,” jelas Sekwan.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya akan menyiapkan ruangan untuk digunakan oleh tim informasi technology (IT) di DPRD Boltim, dalam rangka memantau aspirasi masyarakat yang masuk melalui aplikasi aspirasi masyarakat atau Call Center, selama 1 X 24 Jam. Saat ini pihaknya sedang mencari nama untuk digunakan pada aplikasi tersebut. Nantinya nama aplikasi tersebut tidak jauh berbeda dengan apa yang menjadi aspirasi masyarakat di DPRD Boltim. Bisa juga nama aplikasi tersebut Asmara Naton’ ( Aspirasi Masyarakat Kita ). Jika semuanya telah rampung, segera kita launcing. “Insya Allah, dengan adanya aplikasi ini nanti. Masyarakat bisa menyampaikan aspirasi mereka, dalam  mensukseskan pembangunan yang ada di Kabupaten Boltim,” tandasnya.

Plt Ketua PWI Boltim Edmon Mamonto memberikan apresiasi atas langkah inovasi DPRD Boltim dalam mempermudah masyarakat menyampaikan aspirasi masyarakat. “Sebagai pewarta yang keseharian betugas di Boltim, saya bersama rekan rekan jurnalis lainnya, mendukung adanya aplikasi untuk digunakan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya. Jika nanti aplikasi ini sudah diterapkan, masyarakat dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya ke gedung DPRD Boltim, untuk bisa menyampaikan aspirasinya,” ungkapnya. (mg3/mon77)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.