Dua Nyawa Kembali ‘Melayang’ di Tambang Liar Bakan

Bagikan Artikel Ini:
Suasana di salah satu PETI Desa Bakan yang telah ditutup beberapa waktu lalu

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Tambang Liar di Desa Bakan Kecamatan Lolayan kembali memakan korban pada Minggu (28/07/2019) tadi malam.

Informasi yang didapat media ini lewat Badan Penanggulangan Bencana Alam Deerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow, sekitar 2 orang menjadi korban dalam kejadian tersebut. “Kejadiannya sekitar pukul 23.00 WITA tadi malam. Saat itu saya lagi bersama para mahasiswa Unsrat yang tengah melakukan Kuliah kerja Terpadu (KKT) di desa ini, dimana informasi yang kami dapat, ada 2 penambang yang menjadi korban dan meninggal dunia dalam kejadian itu, yang mana korban terinformasi adalah warga Desa Toruakat Kecamatan Dumoga Timur,” ujar Sangadi (Kepala Desa.red) Bakan Hasanudin Mokodompit, Senin (29/07/2019).

Dua korban itu sendiri diketahui bernama Suendri Anggol alias Su’ (41), dan Candra Sabir alias Ang (33). “Informasi yang kita dapat kalau kedua korban akan dimakamkan hari ini,” imbuh Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Kabupaten Bolaang mongondow Abdul Muin Paputungan.

Terpisah, Kapolres Kotamobagu AKBP Gani F Siahaan SIK ketika dikonfirmasi menegaskan kalau lokasi PETI Bakan tersebut telah ditutup, dan sepengetahuan dirinya tidak ada aktifitas pertambangan. “Lokasi tambang liar di Desa Bakan memang telah ditutup berdasarkan surat dari Pemkab Bolmong. Bahkan, ada aparat kepolisian yang disiagakan untuk menjaga lokasi tersebut untuk memastikan tidak ada aktifitas lagi,” ucap Gani.

Namun demiikian, Gani menambahkan dari informasi yang didapat ada beberapa penambag yang nekad melakukan aktifitas pertambangan dengan mencari ‘jalan tikus’ agar tidak diketahui oleh aparat.  (jun)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.