17 Kelurahan di Kotamobagu Belum Cairkan Dana Kelurahan

Bagikan Artikel Ini:
Ilustrasi Dana Kelurahan

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Sekitar 17 Kelurahan di Kota Kotamobagu hingga Selasa (06/08/2019) hari ini diketahui belum mencairkan dana kelurahan yang telah masuk dalam Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemkot Kotamobagu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kotamobagu Inontat Makalalag lewat Kepala Bidang Anggaran Helfrits Lahimade. “Baru satu Kelurahan yang mencairkan dana tersebut, yakni Kelurahan Kotamobagu. Kita masih menunggu Kelurahan lain untuk mengajukan pencairan anggaran itu.” ucap Helfrits.

Dirinya menambahkan, total anggaran dana kelurahan yang masuk di Kotamobagu sendiri berkisar Rp3,3 miliar. Menariknya, anggaran sebesar itu menurut Helfrits pada media bulan Agustus ini harus bisa terserap paling minimal 50 persen, sebagai syarat untuk dicairkannya dana kelurahan tahap II oleh pemerintah pusat. “Artinya di pertengahan bulan ini anggaran yang terserap haru sekitar Rp1,65 miliar. Dimana, anggaran sebesar itu jika dibagi dengan 18 Kelurahan, idealnya setiap kelurahan harus bisa menyerap sekitar 92 juta,” tambahnya.

Dari penuturan Helfrits juga terungkap kalau batas pemasukan laporan penyerapan dana kelurahan itu hanya sampai tanggal 16 Agustus pecan depan. “16 Agustus laporannya harus sudah masuk di kementerian. Makanya, kami menghimbau pemerintah kelurahan agar segera memasukkan pengajuan untuk pencairan dana kelurahan itu,” tuturnya. (fb)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.