ADV2 ADV2

Jazuli, Pedagang Burung Berkicau Dengan Koleksi Hingga Luar Negeri

Bagikan Artikel Ini:
Jazuli, salah seorang kolektor sekaligus penjual burung berkicau di Motoboi Kecil

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Kontestasi burung berkicau yang telah digelar oleh Pemerintah Kota Kotamobagu selama beberapa kali, rupanya mulai dilirik sebagai salah satu potensi usaha di daerah ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan aktifitas Jazuli, salah seorang warga Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, yang saat ini menekuni usaha penjualan burung berkicau. “Ini saya tekuni sudah sejak 2 tahun lalu, dimana burung yang saya jual ini rata-rata dibeli oleh pengoleksi burung berkicau di Kotamobagu bahkan ada juga dari luar daerah,” ungkap Jazuli.

Menariknya, koleksi burung berkicau miliknya rupanya tidak hanya berasal dari seputar pulau-pulau yang ada di Indonesia, bahkan ada juga burung berkicau yang berasal dari luar negeri seperti Afrika Selatan. ‘Iya, burung-burung ini saya beli juga dari beberapa kolega dan dibuatkan penangkarannya sendiri untuk kemudian dijual kembali,” tambahnya.

Menurut Jazuli, burung berkicau juga merupakan salah satu potensi ekonomi sendiri jika ditekuni oleh masyarakat. “Tentunya untuk menjual kita juga harus memiliki hobi dan keahlian untuk memelihara burung berkicau seperti ini. Sebab, banyak juga yang membeli untuk kemudian dipelihara ataupun dijadikan hadiah untuk kolega mereka,” tambahnya.

Jazuli berharap lomba burung berkicau yang sempat digelar oleh Pemerintah Kota Kotamobagu beberapa waktu lalu, bisa digelar lagi untuk lebih memperkenalkan jenis-jenis burung berkicau ke khalayak masyarakat yang ada di daerah ini. (fb)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.