ADV2 ADV2

Pemuda Kopandakan I Lestarikan Replika Rumah Adat Komalig

Bagikan Artikel Ini:

 

Pemuda Desa Kopandakan I saat bergotong royong melakukan pengecetan replika Rumah Adat komalig siang tadi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU  – Pelestarian situs kebudayaan meski dalam bentuk replica rupanya diseriusi betul oleh para Pemuda Desa Kopandakan I Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Terbukti,  Jumat (20/09/2019) siang tadi, puluhan Pemuda Desa Kopandakan I, dibawah komando Sugiarto Yunus bergotong royong melakukan pengecetan, replica Rumah Adat Komalig yang dibangun di tengah-tengah perkampungan mereka. “Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita, untuk ikut serta melestarikan kebudayaan salah satunya replica rumah adat Komalig ini,” ucap Sugiarto.

Sugiarto mengatakan kalau proses pengecetan tersebut akan dilakukan mereka hingga besok hari. Dimana, dirinya berharap agar jiwa dan semangat gotong royong untuk menuntaskan pekerjaan itu bisa terus dimaksimalkan.

Dalam kesempatan berbeda, Sumotro Tegela salah seorang pencetus rumah adat Komalig memberikan apresiasi atas kebersamaan serta jiwa gotong royong dan kepedulian yang telah ditunjukkan para pemuda desa kopandakan I tersebut. “Ini hal yang sudah langka di tengah-tengah pemuda. Dimana, di era milenial seperti ini masih ada kepedulian terhadap situs kebudayaan walaupun hanya replika. Saya sangat mengapresiasi hal ini. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi kelompok pemuda lainnya, agar bisa terus bersemengat menjaga situs-situs sejarah dan kebudayaan di daerah kita masing-masing,” ucap Tegela.

Adapun pembanguna  replika rumah adat Komalig tersebut, merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia lewat, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Kebudayaan dengan total anggaran sekira Rp 274.915.850. (fb)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.