Pemkab Boltim Gelar Persiapan Pelaksanaan Penyusunan LPPD

Bagikan Artikel Ini:

 

Kegiatan persiapan pelaksanaan penyusunan LPPD tahun 2019 oileh Pemkab Boltim

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Rabu (09/10/2019) kemarin, bertempat di Hotel Aston Manado menggelar menggelar kegiatan persiapan pelaksanaan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), dengan menghadirkan Koordinator Evaluator dan Pemeringkatan Secara Nasional Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri sebagai narasumber.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Boltim Hariyono Sugeha SH, mewakili Bupati, saat membuka kegiatan yang akan berlangsung hingga Jumat (11/10/2019) besok, mengatakan kalau kegiatan tersebut, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menggenjot LPPD tahun 2019 agar mendapat penilaian yang lebih baik, “LPPD ini adalah salah satu bahan evaluasi oleh pemerintah pusat untuk keperluan pembinaan terhadap pemerintah daerah,” sebutnya.

Kurun waktu 3 tahun terakhir, kata Dia, Pemkab Boltim terus melakukan pembenahan sehingga LPPD Boltim dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Dimana, berdasarkan hasil evaluasi dari tim evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan pusat, untuk tahun 2018 Boltim meraih predikat sangat tinggi. Peningkatan itu dikategorikan baik, dibuktikan dengan pelaksanaan evaluasi setiap tahun nilai LPPD terjadi kenaikan. “Apabila LPPD mempunyai capaian yang bagus, maka akan berdampak pada penambahan dana insentive daerah dari pemerintah pusat ke pemerintah kabupaten,” terangnya.

Kabag Tapem Setda Boltim Ikhlas Pasambuna SSTP, mengungkapkan Pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perangkat daerah yang terlibat dalam tim penyusun LPPD, agar hasil klarifikasi data kinerja yang termuat dalam LPPD tahun 2019, khususnya capaian kinerja untuk indikator kinerja kunci dapat diukur secara komprehensif dan tepat sasaran. “Melalui pertemuan ini, peserta diharapkan dapat berbagi informasi mengenai setiap indikator evaluasi kinerja dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ia menambahkan berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Kabupaten/Kota se Provinsi Sulut tahun 2018, Boltim meraih predikat sangat tinggi dengan nilai 3,1712. “Hasil itu menempatkan Boltim di urutan ke 3 kategori Kabupaten se Sulut,” tutupnya. (mg3/mon77)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.