Disbudpar ‘Sisir’ Situs Sejarah dan Budaya di Kecamatan Kotamobagu Utara

Bagikan Artikel Ini:

 

Situs Sejarah

Penelusuran situs peninggalan sejarah dan budaya di Goa Golantung oleh tim Disbudpar Kotamobagu siang tadi

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Sejumlah peninggalan kerajaan berupa situs sejarah dan budaya yang berada di wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara, Rabu (22/01/2020) siang tadi ditelaah oleh tim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu.

Dari penelusuran tersebut, tim Disparbud Kotamobagu mengunjungi sejumlah lokasi, diantaranya Makam Abo Tadohe di Bukit Kansil serta Goa Golantung di Kelurahan Upai, Makam Mokoginta di desa Bilalang I, Makam Salim D Makalalag serta Kota Tua yang terletak di Desa Sia. “Penelusuran dan pendataan ini kita lakukan, untuk memelihara peninggalan leluhur agar tetap bisa dilestarikan, dan dikenang oleh anak cucu kedepan,” ujar Kepala Disbudpar Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta, lewat Kepala Bidang Budaya Thelma Ololah, yang didampingi Kepala Seksi Sejarah dan Cagar Budaya Elviani Datunsolang.

Dalam penelusuran tersebut, Thelma mengatakan mereka awalnya memita data dari Sangadi dan Lurah, maupun mencari informasi dari masyarakat setempat. “Untuk kali ini kita menelusuri peninggalan sejarah di wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara. Sudah ada tim yang memang dibentuk untuk menelusuri seluruh peninggalan sejarah di wilayah Kotamobagu ini, agar bisa dilesiarikan menjadi sebuah situs kebudayaan,” tambahnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.