Empat Miliar APBDes Bungko Difokuskan ke Pemberdayaan

Bagikan Artikel Ini:

 

Difokuskan ke Pemberdayaan

Sangadi Bungko, Kautsar Muri Gonibala SE

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Total Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang disusun oleh Pemerintah Desa Bungko diketahui berkisar Rp4 miliar. Hal tersebut diungkapkan oleh Sangadi (Kepala Desa.red) Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan Kautsar Muri Gonibala kepada awak media, saat dikonfirmasi Jumat (14/02/2020) sore tadi.

“Iya, total anggaran APBDes kami memang ada di kisaran Rp4 miliar, dimana APBDes dan juga Rencana Kerja Program Desa (RKPDes) tersebut, telah kita masukkan ke Pemkot Kotamobagu, lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD),” ungkap Muri.

Sangadi milenial tersebut menambahkan, kalau dari total anggaran ekira Rp4 miliar tersebut, alokasi dana untuk infrastruktur tidak lebih dari Rp1 miliar. “Hanya berkisar Rp600-700 juta saja untuk infrastruktur. Itupun untuk penyelesaian pembangunan lapangan, Perampungan Masjid, Balai Desa, drainase type C, dan pembuatan sanitasi bagi warga kurang mampu,” tambahnya.

Sementara masih kata Muri, dalam APBDes tahun 2020 ini, pihaknya lebih banyak berkosentrasi ke pemberdayaan masyarakat. “Lebih besar ke pemberdayaan masyarakat, mulai dari anggaran untuk kesehatan Balita, Lansia yang berkisar di angka Rp300 juta, sampai dengan bantuan ke petani, rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan juga bantuan anak asuh,” tuturnya.

Muri berharap, APBDes tersebut bisa dikawal bersama oleh masyarakat, agar seluruh program yang telah disusun mereka, bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), bisa terlaksana sesuai rencana. “Kita juga tentu membutuhkan partisipasi aktif, serta pengawasan dari masyarakat. Sebab, bagaimanapun penyusunan APBDes ini memang kita peruntukkan bagi warga desa ini,” tandasnya. (jun)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.