Komangaan Ditetapkan Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

Bagikan Artikel Ini:
Komangaan Ditetapkan Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

Pengecekan Kesiapan Rumah Singgah Sebagai Bagian Dari Kampung Tangguh Nusantara

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Desa Komangaan ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara di wilayah Kecamatan Bolaang bersama Desa Nonapan.

Kepastian Desa Komangaan menjadi Kampung Tangguh Nusantara itu setelah diresmikan oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bolaang Mongondow, AKBP Indra Pramana H, S.I.K, yang digelar, Kamis (25/06/2020), di Kantor Desa Komangaan.

Menurut Kapolsek Bolaang AKP Abdul Wahab Hudodo, Kampung Tangguh Nusantara tersebut merupakan program POLRI, yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

“Untuk Desa Nonapan pencanangan sudah dilaksanakan Sabtu, 21 Juni 2020 kemarin, dan hari ini kita laksanakan di Desa Komangaan,” ungkap Abdul saat diwawancarai di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan Abdul, alasan pihaknya memilih Desa Komangaan dan Deda Nonapan didasari oleh beberapa kriteria yang harus terpenuhi.

“Dimana, kriteria yang dilihat disini adalah kesiapan masyarakat di dalam pembentukan Kampung Tangguh Nusantara ini, terutama kesiapan ketangguhan pangan, budidaya ikan air tawar, juga kesiapan rumah isolasi atau rumah persinggahan serta bidang KAMTIBMAS (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat),” tutur Abdul.

Abdul pun mengharapkan sinergi antara masyarakat dan para aparat Desa untuk bisa menciptakan suasana yang kondusif.

“Juga tentunya Polsek yang dalam hal ini bekerjasama dengan Babinkamtibmas, masyarakat dan perangkat yang ada diseluruh di desa yang terpilih,” ucap Abdul.

Diwawancarai terpisah, Sangadi (Kepala Desa) Komangaan, Sabir Paputungan, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak Kepolisian baik Kapolres, Wakapolres, Kapolsek dan jajarannya, serta para pejabat dari Pemkab Bolmong yang telah hadir dalam gelaran tersebut.

“Pak Kapolres Bolaang Mongondow juga tadi sudah memeriksa langsung mulai dari rumah persinggahan, pos kamling, taman pengajian, kuliner yang ada di Korit, Puskesmas, dan juga perikanan yang ada di wilayah Desa Komangaan,” kata Sabir.

Diketahui, Wakapolres Bolmong Kompol Syaiful Wachid, Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Bolmong, Ahmad Yani Damopolii, Sekretaris Dinas Kesehatan Bolmong, Camat Bolaang, Harry Damopolii, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat Desa Komangaan turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Tujuan utama dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas sehingga bisa menekan penyebaran COVID-19, serta kesiapan ketersediaan pangan mandiri selama menghadapi masa pandemi itu. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.