Bakat-bakat Bolmong Raya Berpeluang Berkompetisi di Level KTI Festival Ekonomi Syariah BI

Bagikan Artikel Ini:

Bakat-bakat Bolmong Raya Berpeluang Berkompetisi di Level KTI Festival Ekonomi Syariah BI
BERITATOTABUAN.COM, Kotamobagu – Bakat-bakat di bidang Nasyid, Kaligrafi, Tari Kreasi Islami dan Kreasi Busana Berbasis Kain Tenun dari Bolaang Mongondow Raya berpeluang untuk berkompetisi di level Kawasan Indonesia Timur (KTI) Festival Ekonomi Syariah yang diinisiasi Bank Indonesia.

“Dari masing-masing provinsi akan diadu se-KTI nanti di NTB (Nusa Tenggara Barat). Kawasan Barat juga ada di Sumatera Utara. Pemenang dari masing-masing wilayah akan berkompetisi lagi di tingkat nasional di Jakarta,” ucap Gunawan, Asisten Direktur Kepala Tim Advesory Ekonomi dan Keuangan di Kantor Perwakilan BI di Sulawesi Utara, Kamis (24/07/2020), di lokasi kegiatan Road To Festival Ekonomi Syariah, Hotel Sutan Raja, Kota Kotamobagu.

Menurut Gunawan, dari penampilan dari peserta asal BMR yang telah tampil, sejauh ini cukup bagus dan punya peluang untuk bersaing dengan daerah lainnya.

“Insya Allah peluang BMR bagus ya. Cuma memang kami maklum ya, karena ini dadakan sekali waktu persiapannya. Harusnya kegiatan ini dilaksanakan bulan puasa kemarin, tapi 2 Minggu jelang pelaksanaan keluar larangan melaksanakan kegiatan karena pandemi,” ujar Gunawan.

Diakui Gunawan, meski pihaknya belum menyentuh sampai ke pembinaan untuk kesenian syariah. Tapi melalui kegiatan tersebut, merupakan bentuk perhatian pihaknya di bidang kesenian itu.

“Salah satu upaya yang kami lakukan dengan mengadakan lomba ini. Dengan semakin banyak event semacam ini mereka semangat kan. Ini kan menyemangati mereka, kalau mereka kami perhatikan juga,” tutur Gunawan.

Terpisah, peserta lomba nasyid asal Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kotamobagu, Astrid Natasya Lasabuda, mengaku optimis bisa bersaing dengan bakat-bakat dari daerah lainnya se-Indonesia.

“Meski waktu persiapan hanya 3 hari, insya Allah tetap optimis,” yakin Astrid yang merupakan vokal utama dalam grup Nasyid MAN 1 Kotamobagu binaan guru mereka, Ikhsan Makalalag dan Sutowo Impe.

Hal senada dikatakan rekan Astrid yang berperan sebagai penyanyi Sopran, Ratih Mokodompit.

“Karena sebelumnya kami punya pengalaman mengikuti lomba nasyid di Manado,” kata mantan penyanyi cilik saat ditanyakan pengalaman mengikuti lomba nasyid.

Diketahui, Road to Festival Ekonomi Syariah yang digelar BI perwakilan Sulawesi Utara itu berlangsung selama dua hari, 23-24 Juli 2020. Untuk perlombaan di tingkat KTI, rencananya akan digelar pada bulan Oktober mendatang di Nusa Tenggara Barat. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.