Karang Laut, Berhasil Tingkatkan Ekonomi Nelayan di Masa Pandemi

Bagikan Artikel Ini:
Karang Laut, Berhasil Tingkatkan Ekonomi Nelayan di Masa Pandemi

Aktivitas Nelayan di Sekretariat KUB Karang Laut, Pantai Desa Poigar I

BERITATOTABUAN.COM, BolmongKarang Laut, nama dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) Desa Poigar I, Kecamatan Poigar, yang bergerak di jenis usaha penangkapan ikan, berhasil meningkatkan ekonomi para nelayan yang tergabung di dalamnya.

Menurut Karim Durand, Minggu (11/04/2021), dengan adanya KUB itu, pendapatan pihaknya cukup meningkat meski di tengah masa pandemi.

“Karena setelah terbentuknya KUB Karang Laut ini, kami mengusulkan permintaan bantuan alat tangkap ikan ke Pemkab Bolmong,” ucap Karim yang saat ini dipercayakan sebagai Ketua KUB.

Bantuan alat tangkap ikan berupa motor tempel yang diterima pihaknya pada tahun 2021, dikatakan Karim, sangat membantu produksi tangkapan ikan dari pihaknya.

“Karena sejak ada motor tempel ini, kami bisa memperluas area tangkapan hingga 10 mil laut dibanding sebelumnya saat masih menggunakan katinting seadanya,” ucap Karim.

Diungkapkan Karim, 10 orang nelayan yang tergabung dalam KUB Karang Laut itu, tadinya kurang bisa bersaing dengan nelayan lain yang memiliki modal lebih.

“Karena kalau cara tradisional, cakupan area tangkapan kami juga kecil. Dan kalah dengan nelayan lain yang telah memiliki motor tempel,” jelas Karim.

Karim menambahkan, untuk pembagian dari hasil penjualan tangkapan ikan diatur dalam kesepakatan yang telah disetujui seluruh anggotanya.

“Tentunya diatur agar adil. Sehingga seluruh anggota turut merasakan manfaat bergabung dalam KUB ini,” demikian Karim.

Diketahui, bantuan alat tangkap itu merupakan bagian dari upaya Pemkab Bolmong untuk percepatan kegiatan bidang perikanan demi mewujudkan kehidupan masyarakat nelayan yang lebih hebat dan sejahtera. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.