Pemkab Bolmong Gandeng BPS Bekali Pemdes Terkait Pendataan

Bagikan Artikel Ini:

Pemkab Bolmong Gandeng BPS Bekali Pemdes Terkait Pendataan
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Pemkab Bolmong bakal gandeng Badan Pusat Statistik (BPS) Bolmong, untuk membekali Pemerintah Desa (Pemdes) terkait dengan pendataan.

“BPS Bolmong telah menyanggupi permintaan kami untuk memberikan pembekalan atau bimtek kepada Pemdes terkait pendataan,” ungkap Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmong, Deyselin Y. T. J. Wongkar, Selasa (15/06/2021).

Menurut Deyselin, hal itu penting dilakukan untuk meminimalisir kesalahan data di tiap-tiap desa yang ada di wilayah Bolmong.

“Kan karena ada pengalaman di Kecamatan. Data yang diambil di desa yang kemudian pihak desa tidak identifikasi langsung, itu datanya kebanyakan tidak update,” ucap Deyselin.

Karena itulah, lanjut Deyselin, perlu bimbingan teknis dari BPS untuk cara pengambilan data.

“Karena bila proses pengambilan data tidak benar, data yang ada tidak akan sesuai dengan kebutuhan desa,” tutur Deyselin.

Untuk mekanisme kerjasamanya, dijelaskan Deyselin, akan dilakukan lewat rapat koordinasi (rakor) di kecamatan.

“Nanti BPS siap memberikan pelatihan di rakor. Untuk jadwalnya masih akan dikordinasikan dengan kecamatan-kecamatan. Setahu saya, rakor di kecamatan biasanya dilaksanakan sebulan sekali,” demikian Deyselin. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.