Yasti Lepas Ekspor Perdana Komoditi Pala Bolmong

Bagikan Artikel Ini:

Yasti Lepas Ekspor Perdana Komoditi Pala Bolmong
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Bupati Bolaang Mongondow, Rabu (08/09/2021), Yasti Soepredjo Mokoagow melepas ekspor perdana komiditi pala kabupaten bolaang mongondow.

Ekspor komoditi pala itu dilakukan oleh PT. Hampton Muda Berkarya, dengan tujuan negara India.

Saat seremoni pelepasan tersebut, Yasti mengatakan mendukung penuh kegiatan ekspor komoditi.

“Problem laten produk pertanian dan perkebunan kita selama ini karena ketersediaan demand (permintaan) dan market (pasar) yang terbatas. Sehingga harga komoditi cenderung tidak kompetitif. Akhirnya petani sulit sejahtera karena harga jual tidak sebanding dengan biaya produksi,” ucap Yasti.

Kehadiran eksportir, menurut Yasti, adalah jembatan strategis bagi produk unggulan Bolmong dengan pasar di luar negeri.

“Hal Ini dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus meningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Yasti.

Yasti pun berharap, volume ekspor komoditi pala bisa ditingkatkan ke depannya.

“Karena ketersediaan bahan baku pala sangat besar di daerah ini. Dan bukan hanya pala, tapi produk pertanian lainnya,” kata Yasti.

Sementara, Anggit Nasution, CEO PT. Hampton Muda Berkarya menjelaskan, ekspor itu dilakukan setelah melakukan survey panjang terkait ketersediaan barang serta kualitas spesifikasinya.

“Ini ekspor perdana kami dari Bolaang mongondow. Baru tahap awal. Ke depan volume-nya kami tingkatkan karena setelah kami cek, supply-nya banyak. Permintaan di luar negeri besar sekali,” tutur Anggit.

Selain itu, lanjut Anggit, tanaman pala adalah tanaman yang endemik dan hanya cocok dengan tanah, suhu dan iklim indonesia timur.

Demand di luar negeri besar, sedangkan supply dalam negeri terbatas. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat bagus,” imbuh Anggit.

Anggit pun mengucapkan terima kasih pihaknya atas dukungan penuh dari Bupati Bolmong.

“Kami berterimakasih support penuh ibu Bupati. Dukungan pemerintah daerah adalah stimulus untuk menggenjot geliat ekonomi di tengah pandemik covid saat ini,” demikian Anggit. (*/udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.