Bupati Yasti Titip Pesan Ini di Hari Toleransi Internasional

Bagikan Artikel Ini:

Pesan Yasti di Hari Toleransi Internasional
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Peringatan hari toleransi internasional mendapatkan perhatian dari Pemkab  Bolmong, dimana Bupati Yasti titip pesan kepqda seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow, dalam rangka menyikapi keberagaman dan toleransi bertepatan dengan perayaan Hari Toleransi Internasional atau Internasional Day Tolerance.

“Toleransi adalah rasa hormat, penerimaan, dan penghargaan atas keragaman budaya dunia, bentuk ekspresi dan cara kita menjadi manusia,” kata Yasti.

Bupati Yasti titip pesan juga, seiring dengan langkah Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow,  dalam menjaga kerukunan dalam bermasyarakat, dimana Kabupaten Bolaang Mongondowsebagai salah satu daerah terluas di wilayah Provinsi Sulawesi Utara, yang didiami masyarakat multi – etnis dengan berbagai keragaman agama dan budaya.

Dari data yang ada, tercatat, sebagian besar masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow yang memeluk agama Islam  sebanyak 61 persen, sementara yang memeluk agama Kristen sebanyak 33 persen, dan mereka yang beragama Katolik sebanyak 1 persen, juga yang beragaman Hindu sebanyak 5 persen.

Selain itu, Kabupaten Bolaang Mongondow juga, memiliki penduduk yang multi etnis dengan, mulai dari suku minahasa, sangihe, gorontalo, Makassar, Bali, Jawa, juga suku yang berasal dari Kalimantan dan juga pulau Sumatera.

Diketahui, Hari Toleransi Internasional merupakan ketetapan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB yang diperingati setiap tanggal 16 November.

Negara-negara yang menjadi anggota United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO termasuk di dalamnya adalah Indonesia, mengadopsi deklarasi prinsip-prinsip tentang toleransi, yang berpendapat bahwa toleransi merupakan cara untuk menghindari ketidakpedulian dalam kehidupan bermasyarakat. Dimana, toleransi bisa menjadi salah satu dasar dalam bersosialisasi ke masyarakat, terutama dengan kondisi sosial dan budaya bangsa Indonesia, yang memiliki keragaman etnis juga budaya,m dan agama, yang hingga hari ini terus saling menghormati antar satu sama lain. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.