PAW Lima Legislator Senayan Digelar Hari Ini, Tiga Diantaranya Dari PDIP

Bagikan Artikel Ini:

 

PAW Lima Legislator SenayanBERITATOTABUAN.COM, NASIONAL – Proses pelantikan PAW lima legislator senayan dilakukan pada Senin 1 November 2021 hari ini di Gedung DPR RI Jakarta pagi tadi.

Dimana, dari PAW lima legislator senayan tersebut, diketahui 3 orang diantaranya adalah dari Fraksi PDIP dan juga 1 orang dari Fraksi Partai Amanat Nasional atau PAN, serta 1 orang lainnya dari Fraksi Partai keadilan Sejahtera atau PKS.

Adapun dari informasi yang dilansir melalui situs DPR RI, diketahui rapat paripurna pelantikan terhadap 5 orang anggota DPR RI hasil Pergantian Antar Waktu atau PAW itu, dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteran  Rakyat  atau Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar, yang ikut memandu pengucapan sumpah dan janji calon Anggota PAW DPR RI.

Pelantikan terhadap 5 anggota DPR RI hasil Pergantian Antar Waktu atau PAW tersebut, dilakukan berdasatrkan Keputusan Presiden Republik Indonesia dengan nomor 117, 119 dan 129/1 tahun 2021, yang menjelaskan tentang peresmian pengangkatan antar waktu Anggota DPR RI, Anggota MPR RI untuk sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Adapun pelantikan tersebut dilakukan dengan berbagai latar belakang dari 5 legislator sebelumnya, dimana 2 diantaranya meninggal dunia, dan 3 orang mengundurkan diri.

Adapun 3 orang anggota DPR RI yang dilantik dari fraksi PDI Perjuangan yakni Harris Turino, Novri Ompusungu, dan Aida Muslimah. Sementara anggota DPR RI dari Fraksi PKS yang dilantik yakni  Diah Nurwitasari dari Fraksi PKS, serta 1 orang anggota DPR RI dari Fraksi PAN yang dilantik adalah Paulus Umbrungge.

Diketahui, pelantikan terhadap Harris Turinp dilakukan setelah rekan separtainya yakni M Prakosa ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo menjadi duta besar. Sementara pengangkatan Novri Ompusungu dari Dapil Kalimantan selatan II dilakukan setelah anggota DPR RI dari Dapil yang sama yakni Sulaiman Umar mundur dari DPR RI. Untuk Aida Muslimah dilantik sebagai anggota DPR RI masih dari Dapil Kalimantan Selatan II menggantikan Syafruddin H. Maming yang mundur karena mengikuti Pilkada tahun 2020 lalu di Tanah Bambu.

Diah Nurwitasari sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PKS dilantik menggantikan rekannya dari PKS yakni Adang Sudrajat yang telah meninggal dunia. Sama seperti Paulus Umbrungge yang menggantikan John Siffy Mirin, rekan partainya di PAN, asal dapil Papua, yang beberapa waktu lalu meninggal dunia. (*/mg1)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.