Yasti Hadiri Wisuda Iqro 85 Anggota Majelis Taklim

Bagikan Artikel Ini:
Yasti Hadiri Wisuda Iqro 85 Anggota Majelis Taklim

Bupati Yasti Mokoagow Hadiri Wisuda Iqro 85 Anggota Majelis Taklim / Foto : Iswahyudi Masloman

BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (10/12/2021), menghadiri wisuda Iqro’ 85 ibu-ibu anggota Majelis Taklim Al-Ikhlas desa Doloduo Kecamatan Dumoga Barat.

Dikatakan Yasti, kehadirannya itu merupakan dukungan untuk memajukan pendidikan di bidang keagamaan tanpa mengenal batas usia.

Yasti pun memberikan apresiasi atas keberhasilan para anggota majelis taklim yang berhasil dengan melaksanakan proses perjalanan membaca Al Qur’an mulai dari Iqro.

“Saya bangga karena wisuda kali ini dilakukan kepada anggota majelis taklim yang belajar Al Qur’an mulai dari huruf hijaiyah sampai mampu membaca Al Qur’an dan dilakukan secara sederhana tanpa toga,” ucap Yasti.

Menurut Yasti, Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan serta sebagai pedoman hidup umat Islam sangat perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan.

“Baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Salah satunya melalui metode pembelajaran melalui Iqro,” ujar Yasti.

Keberadaan majelis taklim di tengah masyarakat Bolmong, lanjut Yasti, menunjukkan adanya kepedulian umat dalam upaya mewariskan dan menanamkan nilai keimanan serta ketaqwaan bagi masyarakat yang diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk menghadapi tantangan arus globalisasi saat ini.

“Momentum wisuda Iqro majelis taklim Al-Ikhlas Desa Doloduo pada hari ini, merupakan langkah maju bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolmong, untuk menyukseskan pembangunan dalam bidang keagamaan, serta sebagai upaya membangun moral dan akhlak masyarakat khususnya ibu-ibu majelis taklim,” kata Yasti.

Masih dalam penyampaiannya dalam wisuda Iqro’ yang mengangkat tema ‘Belajar Dari Buaian Sampai Ke Liang Lahat’ itu, Yasti berharap tidak hanya sampai pada wisuda, akan tetapi akan berlanjut hingga ke masjid-masjid serta di rumah setiap anggota majelis taklim secara bergilir untuk memberikan memotivasi kepada anak-anak untuk belajar mengaji.

“Jika sebelumnya hanya belajar membaca, maka terus tingkatkan dengan mempelajari makna dan tafsir Al-Qur’an. Yakinlah bahwa Al-Qur’an merupakan pedoman hidup, yang akan menjadi cahaya bagi kehidupan kita di dunia maupun di akhirat kelak,” imbuh Yasti.

Sementara, Ketua Panitia Wisuda Iqro, Wira Lahay mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan penghargaan dan motivasi bagi orang tua yang menjadi santri membaca Al Qur’an sekaligus sebagai bukti bahwa mereka sudah menuntaskan program buta huruf Al Qur’an.

“Disamping itu juga, kegiatan wisuda merupakan salah satu cara membangkitkan serta evaluasi keberhasilan para guru atau ustadzah yang mengajar mereka,” kata Wira.

Dijelaskan Wira, nantinya ilmu yang diperoleh dari mempelajari membaca Al-Qur’an tersebut, bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dan membawa barakah, sehingga benar-benar bisa diamalkan dan manfaat untuk keluarga di rumah maupun lingkungan sekitarnya.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa membaca Al-Qur’an mendapat pahala, terutama apabila kita membacanya dengan fasih dan kita juga akan meraih pahala yang besar disisi Allah SWT ketika kita bisa memahami maknanya. Al-Qur’an dapat menjadi pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari dalam rangka meraih jalan yang lurus yang diridhoi Allah SWT,” demikian Wira.

Reporter : Iswahyudi Masloman

Editor : Faisal Amu

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.