Penyusunan Ranperda HUT Kotamobagu Dibahas Bampemperda DPRD

Bagikan Artikel Ini:

Penyusunan Ranperda HUT Kotamobagu Dibahas Bampemperda DPRD / Foto : Junaidi Amra

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah atau Ranperda Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kotamobagu, ternyata diseriusi oleh BAdan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), DPRD Kota Kotamobagu, dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat atau Ranperda, bersama sejumlah elemen masyarakat, termasuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga pemerhati sejarah diantaranya Murdiono  Mokoginta dan Wahyu Pratama Andu.

Penyusunan Ranperda HUT Kotamobagu Dibahas Bampemperda DPRD/ Foto : Junaidi Amra

Kegiatan yang digelar di ruang Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kotamobagu pada Selasa 5 April 2022 ini, dipimpin oleh Ketua Bapemperda, Anugerah Beggie  Gobel, didampingi Dani Iqbal Mokoginta, Yunita Lontoh, Abdul Haris Mongilong, Fahrian Mokodompit, Reggie Manoppo, dan tenaga ahli Ishak Sugeha.

Penyusunan Ranperda HUT Kotamobagu Dibahas Bampemperda DPRD/ Foto : Junaidi Amra

Pemerhati sejarah, Murdiono Mokoginta ketika dikonfirmasi memberikan apresiasi kepada DPRD dan Pemkot Kotamobagu yang telah mendengarkan aspirasi para pegiat sejarah, budayawan, dan masyarakat luas di Kota Kotamobagu untuk mengubah HUT Kotamobagu yang selama ini diperingati tanggal 23 Mei sejak tahun 2007, diubah dengan ‘Hari Jadi’ yang berlandaskan pada aspek historis yang jelas didukung dengan fakta-fakta sejarah yang kredibel. “Sejarah Kotamobagu terekam dalam memori kolektifitas rakyat yang sejak dahulu kala membangun, berjuang, dan bangkit sepenuh hati membangun Kotamobagu dengan tulus tanpa pamrih,” kata Dion, sapaan akrabnya.

Maka dari itu menurutnya, tenggal HUT Kota Kotamobagu harus berdasarkan sejarah agar Kota Kotamobagu memiliki ruh yang kuat. “Sudah saatnya kita menghimpun memori sejarah itu dalam kesatuan pikiran dengan mengubah HUT Kota Kotamobagu berdasarkan sejarah. Saya rasa, dengan kesadaran itu, pembangunan Kotamobagu ke depan akan memiliki ruh yang kuat dan visi kebudayaan lokal Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu terealisasi dalam usaha yang mulia ini,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD Kotamobagu, Beggie Gobel membenarkan adanya RDP terkait dengan Ranperda HUT Kota Kotamobagu. “Bapemperda, mencoba mendengarkan aspirasi dari masyarakat, dalam membuat atau merubah serta menyusun suatu Ranperda. Salah satunya terkait dengan HUT Kota Kotamobagu ini,” kata Beggie Gobel.

Reporter : Junaidi Amra

Editor : Ferdinadn Putong

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.