Camat Kotamobagu Barat Terima Kunjungan Komisi I Deprov Sulut

Bagikan Artikel Ini:

 

Komisi I Deprov Sulut

Camat Kotamobagu Barat Terima Kunjungan Komisi I Deprov Sulut

BERITATOTABUAN.COM, KOTAMOBAGU – Camat Kotamobagu Barat Hendra Manoppo SP, Selasa 24 Mei 2022 pagi tadi, menerima rombongan Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Utara di ruang kerjanya.

Kepada awak media, Hendra mengungkapkan ada beberapa hal yang dibahas saat kunjungan Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi tersebut, adapun diantara pembahasan yang dilakukan dirinya, bersama rombongan Komisi I DPRD Sulut itu, adalah soal Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Kamtibmas.

“Dalam kunjungan Komisi I DPRD Sulut tersebut, kami membahas soal Kamtibmas, yang mana kami memaparkan untuk wilayah Kamtibmas di daerah ini cukup kondusif,” ungkap Camat Kotamobagu Barat Hendra Manoppo.

Dirinya menambahkan, kalaupun terjadi persoalan di wilayah Kotamobagu Barat, umumnya ditempuh upaya musyawarah dan mufakat bersama. “Kami juga memaparkan, kalau biasanya jika ada masalah, maka itu diselesaikan secara musyawarah, dengan melibatkan Lurah setempat, Lembaga Adat dan juga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat atau LPM, bersama dengan Babinsa dan juga Babinkamtibmas yang ada di masing masing kelurahan,” tambahnya.

Dimana, menurut Hendra hal tersebut sudah merupakan bagian dari budaya yang ada, dengan mencoba melokalisir persoalan yang ada, agar tidak berlanjut sampai ke penegak hukum. “Persoalan tidak harus diselesaikan sampai ke penegak hukum kalau cuma persoalan ringan,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan, saat mendengar pemaparan soal penyelesaian masalah Kamtibmas tersebut, rombongan Komisi I DPRD Sulut, sempat mengungkapkan kekaguman mereka. “Mereka sempat kagum, bahwa adat di Kotamobagu berperan penting. Mereka pun meminta agar hal ini bisa terus dipertahankan,” tuturnya.

Di akhir pembicaraan, Hendra mengatakan dirinya sempat berharap adanya dukungan dari Deprov Sulut, untuk bisa melestarikan hal tersebut. “Saya sempat mengutarakan kalau ini adalah bagian dari ekarifan local, yang harus dilestarikan, sehingganya jika perlu ada perhatian khusus dari Deprov Sulut, agar bisa mengalokasikan anggaran,” paparnya.

Reporter : Miranty Manangin

Editor: Junaidi Amra

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.