Motongkad Kembali Diterjang Banjir, Balai Sungai Seperti Abaikan Perbaikan Tanggul

Bagikan Artikel Ini:

 

Motongkad Kembali Diterjang Banjir

Motongkad Kembali Diterjang Banjir

BERITATOTABUAN.COM, BOLTIM -Lambatnya Balai Sungai Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan pengerjaan proyek perbaikan tanggul yang jebol di desa Motongkad Utara Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengakibatkan banjir bandang kembali menerjang desa ini, Senin 16 Mei 2022 pagi tadi.

Masyarakat yang masih dalam kondisi trauma akibat banjir bandang yang menerjang rumah mereka beberapa waktu lalu, hingga satu rumah hanyut, akibat derasnya arus air dan hari ini kejadian menakutkan itu kembali terjadi.
Banjir bandang itu kembali terjadi akibat proyek perbaikan tanggul Bronjong jebol, yang sampai saat ini belum dikerjakan oleh Balai Sungai Wilayah Sulut.

Padahal, pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim, sudah memaksimalkan membantu pihak Balai Sungai, untuk urusan kepentingan pembangunan proyek tersebut.

Salah satu warga desa Motongkad Utara Kiki Palengkahu yang juga menjadi Wakil Ketu BPD mengatakan, kalau saja proyek perbaikan tanggul ini cepat dikerjakan oleh pihak balai sungai, kemungkinan banjir bandang ini tidak terjadi lagi. “Kami yakin dan pastikan kejadian banjir seperti ini tidak terulang lagi kalau tanggul sudah diperbaiki. Tapi entah kenapa atau apa alasannya hingga proyeknya belum dimulai, padahal semua kepentingan yang dibutuhkan oleh pihak balai sungai sudah disiapkan oleh pihak Pemda Boltim,” terang Kiki

Ia juga berharap pihak Balai Sungai Wilayah Sulut secepatnya mengerjakan proyek perbaikan tanggul, agar mereka tidak lagi dihantui banjir setiap musim penghujan yang selalu datang tiba-tiba.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Haris Pratama Sumanta mengatakan, bahwa pihak Pemda Boltim, selalu berkordinasi dengan pihak Balai Sungai Wilayah Sulut terkait proyek pembuatan tanggul di Desa Motongkad.

Bahkan kata dia, Kepala Balai Sungai Wilayah Sulut I Komang Sundana, sudah datang meninjau langsung lokasi pembangunan proyek tanggul Bronjong. “Kita selalu berkordinasi, termasuk pengurusan hibah tanah yang dibutuhkan pihak Balai pun sudah kita urus. Tinggal pihak balai yang ditunggu kapan mulai mengerjakan proyek itu,” tutup Sumanta.

Reporter : Rifki.Palengkahu
Editor : Kamal Babay

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.