ADV2

Ashari Resmikan Jalan Usaha Tani di Desa Diat

Bagikan Artikel Ini:
Ashari Resmikan Jalan Usaha Tani di Desa Diat

Ashari Sugeha

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Demi mempertahankan predikat lumbung beras di Sulawesi Utara (Sulut) sektor pertanian terus di perhatikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongodow (Bolmong). Bahkan, untuk mendukung hal tersebut sejumlah fasilitas terus di bangun.

Terkait dengan hal tersebut Plh Bupati Drs Ashari Sugeha, meresmikan jalan usaha tani di Desa Diat yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan alat alat pertanian kepada Gapoktan setempat. kecamatan Lolak, senin (18/07/2016) kemarin .

Jalan usaha tani yang telah siap di gunakan tersebut di danai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada Kementerian Pertanian TA 2015. Dimana berdasarkan UU Nomor 38 tahun 2004 tentang tentang jalan dikategorikan jalan khusus , sehingga pembuatan, dan pengembangannya menjadi tanggung jawab Kementan.

Plh Bupati Drs Ashari Sugeha mengatakan tujuan pembangunan jalan usaha tani adalah untuk mempercepat transportasi sarana usaha tani seperti mesin pertanian dan pengangkutan hasil pertanian. “Degan fasilitas tersebut, tentu akan dapat mengurangi waktu dan biaya atau transportasi sebagai komponen biaya usaha tani,” ungkapnya.

Menurutnya, Dengan diresmikannya jalan usaha tani tersebut, dirinya berharap kesejahteraan para petani di desa Diat dan sekitarnya terus meningkat, sehingga kedepannya target swasembada pangan di Bolmong dapat tercapai . “Warga harus senantiasa menjaga dan memelihara, karena memelihara dan merawat jal semua fasilitas ini, sehingga bisa di manfaatkan dalam jangka panjang,” terangnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan unsur Forkompinda, Assiten I , para kepala SKPD, camat Lolak, Sangadi , BPD dan perangkat desa, penyuluh pertanian, para petani yang tergabung dalam Gapoktan. (supandri)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.