Bergeliat Lagi, Aktifitas PETI Busa Bakan Kembali Ditertibkan

Bagikan Artikel Ini:
PETI Busa Bakan

Penertiban aktifitas PETI Busa Bakan

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG – Penertiban terhadap aktifitas Pertambangan Tanpa Ijin (PETI) di Desa Bakan lokasi Busa dan Gunung Botak, Kabupaten Bolaang Mongondow kembali dilakukan, oleh aparat gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri.
Hal tersebut menyusul laporan sejumlah warga, atas aktifitas PETI tersebut di side camp pada lokasi busa dan gunung botak, yang sebelumnya sempat terjadi longsor dan menelan puluhan korban jiwa. “Kita diminta pimpinan untuk mengamankan lokasi tambang, yang mulai digarap oeh para penambang dari luar, agar kejadian seperti yang terjadi dahulu, yakni longsor dan menelan korban jiwa yang banyak bisa diantisipasi sejak awak,” ujar Serda J Paat dari Kodim Bolmong.

PETI Busa Bakan

Penertiban aktifitas PETI Busa Bakan

Selain pihak kepolisian dan TNI, security PT JRBM juga ikut menyusuri bukit busa dan gunung botak tersebut, dimana, dalam penyusuran itu dari kejauhan telah terlihat sejumlah tenda berwarna hijau, dan ditemukan sejumlah penambang yang sedang istirahat. ” Tim Security dan Pampol melaksanakan pembersihan di area Camp Site, Busa, Bukit Berkah dan Gunung Botak. Dua hari lalu telah dilakukan upaya persuasif tetapi oknum pelaku Peti tidak menghentikan kegiatannya sehingga dilakukan pembersihan oleh tim gabungan,”tambah Bripka Irwan.

PETI Busa Bakan

Penertiban aktifitas PETI Busa Bakan

Guna membujuk para PETI, dilibatkan Tim ER Site untuk mendampingi supaya membantu komunikasi dengan masyarakat lokal pelaku Peti. Team penertiban Peti menertibkan pertama di lokasi camp site bukit Busa. Dalam penertiban itu sendiri, di lokasi ditemukan perlengkapan untuk menambang, seperti ribuan karung, pacul, sekop, argo, linggis dan banyak lagi. (hm)
Berikut nama nama Peti di lokasi tersebut.
Kongsi Yap
1. Rahman.
2. Juan.
Kongsi Isal (Asal Mopusi)
1. Ahmad.
2. Refli (Inua)
3. Jul (Mopusi)
4. Sehan (Poyowa Besar)
5. Andika M (Bilalang)
Kongsi ARNA (Desa Bakan)
1. Wan (Bakan)
2. Masri M (Tuduaog).
Setelah itu penertiban mengarah ke
Gunung Botak. Di sana ada juga Peti yang bertahan.
Berikut nama Peti yang ditemukan oleh team
1. Rama (Kepala Kongsi) Tobongan.
2. Supardi B (Motongkat)
3. Firzi M (Motongkat)
4. Fahri P (Motongkat)
5. Suparto M (Motongkat)
6. Bul L (Tobongan)
7. Djoni Tisu (Motongkat)
8. Tegar (Tobongan)
9. Amat (Motongkat)
10. Welby (Tobongan)
11. Dondi M (Motongkat)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.