ADV2

BPMD Gelar Temu Karya Pemberdayaan Masyarakat Desa di Bolmong

Bagikan Artikel Ini:
Foto bersama usai pembukaan temu karya pemberdayaan masyarakat desa di Bolmong

Foto bersama usai pembukaan temu karya pemberdayaan masyarakat desa di Bolmong

BERITATOTABUAN.COM, BOLMONG –  Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Sulut bekerjasama dengan BPMD Kabupaten Bolmong, Kamis (19/05/2016) kemarin menggelar Temu Karya Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bolmong. Dalam acara yang digelar di Gedung Siti Rahmadina Lolak tersebut, Kepala BPMD Sulut Rudi Mokoginta mengungkapkan, kalau kegiatan yang akan digelar selama dua hari kedepan, bertujuan untuk mensosialisasikan program peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa.

“Selain itu ada sejumlah program lain yang disosialisasikan, terutama program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan). Lebih dari itu, dalam kegiatan ini juga kita sekaligus menggelar rapat kordinasi untuk evaluasi dana desa,” ucap Rudi.

Tidak hanya itu, Rudi juga mengatakan kalau kegiatan itu juga untuk mensosialiasikan Permendagri nomor 111 tahun 2014, tentang Pedoman Penyusunan Perdes, Bimtek pengelolaan Keuangan Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa. “Hal ini juga untuk Penguatan Kapasitas aparatur dalam pengelolaan pembangunan desa,  dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan yang bersinergi dengan program di tingkat provinsi, dalam menggunakan dana desa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPMD Kabupaten Bolmong Sunge Paputungan mengatakan kalau kegiatan tersebut diharapkan, mampu memaksimalkan peran aparat pemerintah desa, serta tenaga pendamping pemberdayaan desa.

“Kegiatan ini tentu sangat positif. Sebab, bagaimanapun program pengentasan kemiskinan serta kinerja aparat pemerintahan ujung tombaknya ada di wilayah pedesaan,” imbuh Sunge. (supandri)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.