BSSN Uji Keamanan Aplikasi Diskominfo Bolmong

Bagikan Artikel Ini:

BSSN Uji Keamanan Aplikasi Diskominfo Bolmong
BERITATOTABUAN.COM, Bolmong – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Selasa (30/03/2021), uji keamanan (security assessment) tiga aplikasi web yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Pemkab Bolmong.

“Tiga aplikasi web yang diuji itu, masing–masing Bolmongkab.co.id, e-Dokumen dan Email Bolmong.co.id,” kata Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Bolmong, Sutoyo Paputungan.

Menurut Sutoyo, setiap aplikasi dipegang satu penguji dari BSSN dan masing-masing aplikasi akan diuji apakah ada celah atau tidak.

“Kita juga nantinya akan diberitahu apa saja celahnya sekaligus diberikan solusi untuk penyempurnaan aplikasi supaya tidak mudah dibobol hacker,” ucap Sutoyo.

Sutoyo juga mengatakan, satu-satunya daerah di wilayah Bolmong Raya (BMR) yang diuji website-nya oleh BSSN adalah Bolmong.

“Dengan adanya asessment dari BSSN tersebut, bisa diketahui seberapa besar keamanan yang ada pada sistem aplikasi yang dibuat Diskominfo Bolmong,” ujar Sutoyo.

Sutoyo juga mengungkapkan, jauh sebelum pengujian hari ini, hubungan antara pihaknya dan BSSN sudah intens.

“Buktinya pada tahun 2017 lalu Bolmong satu-satunya di Sulut yang sudah ada jammer atau pengacak sinyal. Pengacak sinyal ini berguna untuk digunakan dalam rapat-rapat penting,” demikian Sutoyo.

Diketahui, assesment security itu sendiri, sangat penting untuk dilakukan mengingat banyak informasi penting dan terbatas yang ada di dalam sistem informasi pemerintah tersebut. (udi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.